Selain Merapi, Ada 4 Gunung di Jogja yang Kece Banget Kamu Ajak Selfie

Selain Merapi, Ada 4 Gunung di Jogja yang Kece Banget Kamu Ajak Selfie

Bakpia di Jogja – Gunung Merapi salah satu Gunung di Indonesia yang terbilang masih sangat aktif dan bahkan tercatat beberapa kali erupsi. Meski demikian, gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3000 mdpl ini tetap mampu menyihir para pendaki untuk datang dan terus datang. View yang ditawarkan di sini pun tak kalah cantik dengan view di gunung Bromo dan Semeru.

Nah, buat kamu yang mau ke Jogja atau lagi di Jogja dan ada rencana mau mendaki, yuk kenakalan sama 4 gunung lainnya selain Gunung Merapi. Apa saja sich? Simak nich.

Gunung Api Purba Nglanggeran

gunung nglanggeran foto dari @kadekarini

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Ds. Nglanggeran, Kec. Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja memakan waktu tempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl memiliki view yang indah. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi harmonisasi elok antara alam hijau dan rumah-rumah di wilayah Gunungkidul hingga Yogyakarta. Meski hanya memilki ketinggian sekitar 700 mdpl, namun medan yang ditempuh cukup mampu membuat peluh bercucuran. Gunung ini salah satu gunung rekomended untuk menyaksikan keindahan sunrise dan sunsite.

Gunung Gentong

gunung gentong foto dari @nopal_

gunung gentong foto dari @nopal_

Gunung Gentong yang memiliki nama lain puncak 4G ini terletak di Padukuhan Manggung, Ds. Ngalang, Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Gunung yang memiliki tinggi sekitar 520 mdpl ini dulu sempat menjadi tempat petilasan Parbu Brawijaya, itulah mengapa tempat ini sarat akan sejarah. Untuk sampai puncak, memakan waktu bahkan kurang dari satu jam. Untuk para pendaki pemula, bisa coba latihan mendaki dulu ke gunung ini.

Gunung Ireng

gunung ireng foto dari @bangjecxy

gunung ireng foto dari @bangjecxy

Gunung Ireng terletak di Dsn. Srumbung, Ds. Pengok, Kec. Pathuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Gunung ini lokasinya tepat di belakang rumah warga, bahkan bentuknya lebih menyerupai gundukan bebatuan dan hanya memakan waktun terking kurang dari 10 menit untuk sampai puncak dari area parkir. Gunung Ireng ini salah satu spot rekomended buat para pecandu sunrise. Tiket masuknya terbilang murah yaitu Rp5.000 sudah beserta biaya parkir.

Gunung Jaran

gunung jaran foto dari @puputpriambodo

gunung jaran foto dari @puputpriambodo

Gunung Jaran terletak di Ds. Nglinggo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja memakan waktu tempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Gunung dengan ketinggian sekitar 800 mdpl ini memiliki jalur treking yang terbilang mudah dan bahkan kurang dari 1 jam kamu sudah bisa mencapai puncak. Gunung Jaran menjadi salah satu destinasi di Kulonprogo yang paling banyak diminati wisatawan. Selain memiliki view yang aduhai, tiket masuknya pun relatif terjangkau.

Puncak Suroloyo

puncak suroloyo foto dari @agungajun

puncak suroloyo foto dari @agungajun

Puncak Suroloyo terletak di Ds. Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulonprogo, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Merupakan puncak tertinggi di perbukitan Menoreh yaitu sekitar 1.019 mdpl, Puncak Suroloyo disebut sebagai salah satu spot rekomended dan ciamik untuk menikmati pesona matahari terbit. Meski medan yang dilalui sedikit ekstrim, namun terbayar dengan view kece yang bisa kamu dapatkan setelah sampai puncak. Waktu terbaik berada di sini adalah saat pagi hari saat matahari terbit.
Nah… Sudah puas menikmati pesona gunung di Jogja, pulangnya jangan lupa beli oleh-oleh bakpia di Bakpia Mutiara. Selain harganya murah, cita rasanya pun begitu menggoda lidah.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *