8 Pesona Wisata Baru di Kebumen yang Mampu Membius Penat dan Lelahmu

Sebagai salah satu kabupaten yang berkembang pesat di povinsi Jawa Tengah, Kebumen mempunyai potensi wisata yang sangat besar dengan segala keanekaragaman obyek wisata, seni budaya yang menawan, dan ketersediaan sarana dan pra sarana pendukungnya. Kesemuanya itu diharap mampu menarik lebih banyak lagi pendapatan daerah, baik dari wisatawan mancanegara maupun domestik.

Kabupaten Kebumen kaya dengan beragam wisata budaya dan keindahan wisata alam serta berbaggai masakan yang mengandung cita rasa tinggi dalam wisata kulinernya. Keindahan itu semua diharapakan mampu mengangkat kabupaten Kebumen sebagai salah satu tempat wisata yang populer.

Nah, berikut ini Bakpia Mutiara Jogja rangkum beberapa wisata alam nan eksotis di Kebumen yang bisa kamu sambangi bersama keluarga, teman ataupun pacar. Yuk jalan-jalan.

Pesona sunset di Pantai Meganti yang mampu membiusmu

Letaknya yang berbatasan langsung dengan pesisir pantai Selatan menjadikan Kebumen dianugerahi pantai-pantai yang indah dan menawan. Jika pantai Ayah terlalu maenstream, Pantai Meganti bisa menjadi destinasi pilihan. Pantai cantik yang satu ini berada di Dsa. Karangduwur, Kec. Ayah, dengan memakan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam perjalanan dari kota Kebumen. Pantai Meganti ini memang belum sepopuler Pantai Ayah (Pantai Logending) atau Pantai Karang Bolong, tapi keindahan yang ada di dalamnya sangat sayang sekali bila dilewatkan begitu saja.

Meski akses untuk mencapai lokasi cukup sulit, namun pemandangan ala-ala iklim tropis di Selandia Baru ini jelas tidak akan kamu jumpai di beberpa pantai lainnya. Tempatnya yang terbilang masih cukup sepi karena aksesnya yang sulit membuat pantai ini seperti pantai milik pribadi. Makanan laut disini juga terbilang sangat nikmat dan lezat. Datang saja. Dan selamat bersenang-senang.

Belum puas bermain air di pantai Menganti, lanjutkan lagi  di Pantai Karang Agung

Pantai yang disebut sebagai Tanah Lotnya Kebumen ini bersembunyi di balik perbukitan karst, Gombong Selatan, tepatnya di Dsa. Argopeni, Kec. Ayah. Untuk mencapai pantai ini, kamu akan dibawa melewati jalanan setapak selama kurang lebih setengah jam. Meski cukup melelahkan, semua akan terbayar selepat sampai tujuan. Seperti pantai Menganti, pantai Karang Agung ini juga bisa dibilang masih cukup sepi. Buat kamu yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan, pantai ini bisalah menjadi pilihan.

Eittt, jangan sampai ketinggalan, masih ada Pantai Pecaron nih di Kebumen

Pantai Pecaron berada tidak jauh dari Pantai Ayah. Keberadaannya layak untuk diperhitungkan karena pantai ini memiliki pesona yang tak kalah menawan dengan sejumlah pantai yang ada di kebumen. Untuk mencapai pantai ini, kamu akan dibawa melewati bukit yang terjal dan jalanan yang cukup mengkhawatirkan. Kamu harus lebih berhati-hati, sebab akses menuju pantai ini bisa dibilang belum terlalu bagus. Letaknya yang jauh dari perkotaan membuat pantai ini surga bagi orang-orang yang tengah mencari ketenangan.

Pantai Karangbolong jangan sampai ketinggalan juga lho, ya

Pantai Karangbolong terletak di Dsa. Karangbolong, Kec. Buayan, Kebumen. Pantai yang selalu ramai oleh wiastawan ini  memang memiliki daya tarik yang memukau, salah satunya adalah goa sarang waletnya. Dinamakan goa sarang walet karena goa tersebut menjadi sarangnya sekumpulan burung walet.

Namun askesnya yang ekstrim dan menantang membuat tak semua wisatawan bisa menginjakan kaki di goa sarang walet ini. Untuk keselamatan, bahakn masyarakat setempat mengadakan tradisi ngunduh sarang walet jika hendak memanen walet. Tapi,  jika kamu ingin lebih tahu tentang walet, disini juga terdapat  goa walet tiruan yang dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan bagi para wisatawan.

Goa Barat, tempat dimana kamu bisa melihat kemegahan stalagtit dan stalagmit

Kebumen bukan hanya memiliki obyek wisata pantai saja, masih ada obyek wisata lainnya. Goa Barat misalnya. Goa Barat terletak tak  jauh dari Goa Jatijajar, tepatnya di Dsa. Jatijajar, Kec. Ayah, Kebumen. Goa Barat adalah salah satu goa di Kebumen yang memiliki keindahan stalagtit dan stalagmit. Berada disini akan membuatmu semakin yakin bahwa Tuhan itu Maha unlimited.

Untuk bisa sampai ke Goa ini tidak bisa sembarangan, akan ada pemandu dari warga setempat yang akan menemanimu menjelajahi keelokan goa Barat ini dengan harga Rp180.000/orang lengkap dengan perlatan caving-nya. Bukan hanya stalagtit dan stalagmit yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan, tapi juga pesona air terjun yang ada di dalam goa. Setelah menyusuri goa kurang lebih 3 jam, kamu bisa menjumapai keeksotisan air terjun yaang dikenal dengan nama Superman’s Big Sister.

Hilangkan stressmu dengan mandi di Curug Silancur

Curug Siluncur terletak di Dsn. Pujegan, Dsa. Wadasmalang, Karangsambung, Kebumen. Curug yang memiliki ketinggian mencapai 20m ini memiliki keunikan yaitu adanya bebatuan purba di dasar air terjun. Untuk mencapai lokasi, kamu harus menempuh jarak sekitar 35 km dari kota Kebumen, dan memaan waktu kurang lebih 20 menit dari lokasi parkir ke air terjun.

Puncak Gunung Duwur, tempat keren untuk  menikmati hamparan Samudera Hindia

Buat kamu yang hobi trekking, puncak gunung Duwur bisa menjadi pilihan. Gunung yang satu ini terletak di Dsa. Watukelir, kec. Ayah, Kebumen. Sebenarnya gunung ini lebih tepat dinamai bukit, karena tingginya hanya 500 mdpl. Untuk sampai puncak, setidaknya kamu memakan waktu tempuh sekitar satu jam dengan medan yang terjan dan berbatu. Harap tetap berhati-hati dan disarankan untuk meninggalkan tanda atau jejak sebagai penunjuk jalan saat  pulang nanti, karena belum ada jalur pendakian resmi di gunung ini.

Bukit Pranji, tempat romantis dengan pemandangan lautan bintang-bintang

Bukit Pranji berada di Watulawang dan Pengaringan, Pejagoan, Kebumen. Lokasinya yang berada di ketinggian ini menjadikan Bukit Pranji diburu para muda-mudi yang tengah dimabuk cinta telebih saat malam tiba. Yup, saat malam hari, Bukit Panji ini akan tampak romantis sekali dengan pemandangan lautan bintang-bintang yang begitu memanjakan mata. Bahkan sejumlah wisatawan ada yang rela camping demi bisa menyaksikan lautan bintang-bintang juga pendar cahaya lampu kota sembari menanti fajar menyingsing. Yup, Bukit Pranji ini memang tempat terbaik di Kebumen untuk menikamti matahari pagi yang pelan-pelan keluar dari ufuk timur atau yang biasa kita kenal dengan nama sunrise. Jika langit sedang tidak berawan, kamu bisa menyaksikan kemegahan gunung Sumbing dan gunung Sindoro.

Masih banyak tempat wisata di Kebumen yang bisa kamu jelajahi, bebrapa diantaranya pantai Ayah dan Goa Jatijajar yang sudah melagenda, waduk Sempor, Benteng Van Der Wijck, dan beberapa obyek wisata lainnya yang terlalu banyak bila disebutkan satu-satu. Tapi jika ada yang ingin memabntu menambahkan, silakan tambahkan di kolom komentar. Btw, semoga informsai ini bermafaat. Selamat liburan. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *