6 Wisata Jogja Dengan View Gagahnya Gunung Merapi

6 Wisata Jogja Dengan View Gagahnya Gunung Merapi

Bakpia di Jogja – Gunung Merapi yaitu salah satu icon Yogykarta selain Kraton, Malioboro, Tugu dan Parangtritis. Gunung yang terbilang masih sangat aktif dan sempat erupsi berkali-kali ini tak lantas membuat nyali para pendaki ciut. Gunung Merapi tetap menjadi salah satu gunung yang menjadi incaran para pendaki. Nah, buat kamu yang masih belum terbisa mendaki tapi ingin menikmati keindahan gunung Merapi berikut 6 tempat wisata yang bisa kamu sambangi.

1. Spot riyadi

foto dari @trisnoarybudi

foto dari @trisnoarybudi

Spot Riyadi terletak tak jauh dari kawasan Candi Prambanan, tapatnya di Dsn. Dawangsari, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Dari sini, kamu bisa menikmari cantiknya Candi Parambanan dan gagahnya gunung Merapi. Beberapa fasilitas yang bisa kamu temui di sini, yaitu spot selfie, spot camping, warung makan dan area parkir. Buat yang ingin berfoto di area spot selfie dikenakan biaya Rp5.000.

2. Lintang Sewu

foto dari @fathurohman7

foto dari @fathurohman7

Lintang Sewu terletak tak jauh dari hutan Pinus Asri, tepatnya di Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta.  Untuk masuk kesini, kamu dikenai biaya retribusi Rp2.000/orang, biaya parkir Rp2.000/motor dan mobil Rp3000/orang. Di sini, kamu bisa menyaksikan epic view merapi yang berpadu dengan alam sekitar. Fasilitas yang bisa kamu jumpai, antara lain: spot foto, camping ground, gazebo, toilet, warung makan dan area Parkir, Gzebo, Toilet, dan beberapa warung makan.

3. Bukit Klangon

foto dari @_css88

foto dari @_css88

Bukit Klangon terletak di kawasan kaki gunung merapi, tepatnya di Ds. Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Jika kamu ingin menikmati kegagahan gunung Merapi tapi masih takut mendaki sampai puncak, kamu bisa berkunjung ke Bukit Klangon. Dari sini, kamu bisa menikmati kegagahan merapi seolah ia berada 5 cm di depan matamu. Biaya retibusi Rp2.000 sudah beserta biaya parkri. Fasilitas yang bisa kamu nikmati di sini yaitu spot gardu pandang, spot downhill, camping ground dan udara yang sejuk nan dingin.

4. Bunker Kaliadem

 foto dari @soelistiyono

foto dari @soelistiyono

Bunker Kaliadem terletak lereng gunung Merapi, tepatnya di Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Bunker Kaliadem jadi saksi bisu kala merapi erupsi beberapa tahun lalu. Kini, bunker tersebut disulap menjadi area wisata kece yang sayang bila dilewati dengan biaya retribusi sekitar Rp5000/orang dan Rp5.000 lagi untuk biaya parkir. Selain bisa menikmati sisa-sisa keganasan erupsi gunung Merapi, kamu jika bisa menikmati keindahan gunung Merapi dari dekat. Sama seperti di Bukit Klangon, di area Bunker Kaliadem ini pun kamu bisa merasakan gunung Merapi seolah berada 5 cm di depan matamu.

5. Candi Abang

foto dari @muhanaa

foto dari @muhanaa

Candi Abang terletak di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, Yogyakarta. Di juluki bukit Teletubbies karena bentuknya menyerupai bebukitan hijau yang terdapat di serial teletubbies seolah jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Waktu terbaik di tempat ini pagi hari dan sore hari. Dari sini, kamu pun bisa menikmati keeksotisan gunung Merapi yang berpadu dengan keindahan langit sore.

6. Puncak Becici

foto dari @gadistafidha

foto dari @gadistafidha

Puncak Becici terletak di Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Dngan biaya retribusi Rp2.000/orang, biaya parkir motor Rp2.000/, mobil Rp5.000 dan bus Rp20.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan puncak Becici. View yang ditawarkan dari puncak Becici ini selain menyuguhkan panorama alam yang hijau, kamu juga bisa melihat gagah gunung Merapi.

6 tempat wisata Jogja di atas recommended buat kamu yang ingin menikmati kegagahan gunung Merapi tapi masih takut untuk mendaki.

Oke, sahabat Mutiara,  kemanapun jalan-jalannya, apapun gunungnya, yang penting jangan lupa beli oleh-oleh Bakpia Pathok Mutiara ya kalau berkunjung ke Yogyakarta. Lokasinya untuk outlet pusat ada di Jalan  Manisrenggo, km 0.5 Prambanan, Klaten. Bakpia Mutiara Jogja tersedia juga di beberapa outletnya, yaitu: Outlet Prambanan (jl. Jogja-Solo km 17), outlet Garuda (jl. Solo km 10), outlet Bandara (jl. Jogja-Solo km 10), outlet Sambilegi (jl. Jogja-Solo km 9), oulet Gembiraloka (jl. Kebun RAya No. 1) dan outlet Malioboro (jl. Degan no. 61). Cp: 0274-496976/087774444022. See You!

Share this post

Comment (1)

  • Andika Reply

    Keren bang,btw semua itu letaknya jauh gak dr pusat kota yogya?thx

    August 24, 2017 at 12:07 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *