Wisata Waduk Sermo

waduk sermo

Wisata Waduk Sermo

Wisata Waduk Sermo, wisata ini merupakan satu-satunya yang menyuguhkan pemandangan waduk dan juga merupakan satu-satunya waduk yang berada di kota Jogja. Berada di desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Waduk Sermo ini diapit perbukitan karst Menoreh yang eksotis. Berjarak kurang lebih 36 Km dari kota Jogja atau 6 Km dari kota Wates, Ibukota Kulonprogo.

Waduk Sermo ini merupakan sebuah telaga buatan seluas 157 hektar. Waduk yang mulai diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto ini dibuat dengan membendung kali Ngrancah dan bertujuan untuk suplesi sistim irigasi daerah Kali Bawang yang mencangkup areal seluas 7,152 Ha. Selama ini Waduk Sermo dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan untuk air irigasi ke sawah-sawah yang berada di daerah Wates dan sekitarnya.

Selain itu Waduk Sermo yang berada diantara 2 bukit yang dikelilingi banyak pepohonan dan cagar alam atau hutan ini tentu saja menjadikan wisata ini tyerlihat apik akan pemandanganya yang indah dan udaranya yang sejuk. Sehingga apabila dipandang dari sudut manapun Wisata Waduk Sermo ini akan terlihat sempurna. Pemandanganya yang masih asri dan ditambah dengan penduduknya yang begitu ramai akan membuat para wisatawan yang datang merasa berbeda dengan keseharian yang teramat padat dan riuh ketika di Kota.

Yang menarik pada Wisata Waduk Sermo ini, para wisatawan dapat berwisata dengan mengelilingi Waduk dengan perahu wisata ataupun berkendara melewati aspal halus yang melingkar di tepinya. Bersantai di bibir Waduk pun menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik sembari menikmati semilir hembusan angin yang sangat sejuk. Fasilitas di wisata ini pun cukup memadai mulai dari kamar mandi, area parkir, perahu wisata, gazebo dan penginapan atau homestay yang berada di sekitar Waduk Sermo apabila ingin melanjutkan menikmati suasana malam di wisata ini.

Dan tentu saja masih banyak wisata alam di kota Jogja ini..
Tak hanya wisata alamnya yang banyak, namun yang tak kalah menarik juga banyaknnya Wisata Kulinernya…
Salah satunya yaitu kuliner Bakpia khas Jogja…
Tetapi jika mencari Bakpia paling Enak di Jogja, ya cuman di Bakpia Mutiara Jogja.
Jadi, jangan sampai lupa mampir dan membawa pulang Enaknya Bakpia !! sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah đŸ™‚

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *