Wisata Candi Ijo

candi ijo

Wisata Candi Ijo

Wisata Candi Ijo, Candi ini merupakan salah satu candi yang bercorak Hindu di Jogja dan juga merupakan Candi tertinggi di Jogja. Terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi Ijo berada dilereng barat perbukitan Batur Agung. Berada di ketinggian rata-rata 425 meter di atas permukaan laut. Berjarak 4 kilometer dari arah tenggara Candi Ratu Boko atau 18 kilometer di sebelah timur kota Jogja.

Diperkirakan Candi Ijo ini dibangun pada abad ke-10 sampai dengan abad ke-11 Masehi saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram. Dinamakan Candi Ijo karena merupakan letaknya yang berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo. Penyebutan nama Ijo sendiri pertama kalinya disebut dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi, ditulis dalam Prasasti tersebut tentang seorang hadirin upacara yang berasal dari Desa Wuang Hijau.

Komplek Candi Ijo ini terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Pintu masuk yang termasuk teras pertama merupakan teras berundak yang membujur di barat ke timur dan pada teras ke 11 berupa pagar keliling, 8 buah lingga patok, 4 bangunan Candi yaitu Candi Utama dan 3 Candi Perwara.

Di komplek Candi Ijo ini hanya Ā ada 1 yang berdiri kokoh, yang lainya telah hancur dimakan usia. Jika anda masuk ke dalam akan terlihat 3 buah Candi Perwara yang berukuran sama dalam posisi sebaris, dan di dalam anda akan menemukan Lingga Yoni berukuran besar. Sepertinya Candi Ijo ini merupakan tempat pemujaan para pengikut Hindu Siwa di masa lampau.

Dengan menghadap ke arah barat, panorama indah berupa perpetakan persawahan serta bentang alamnya seperti Pantai Parangtritis dan Bandara Adi Sucipto. Selain untuk mempelajari Candi, Wisata Candi Ijo ini banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menanti menikmati matahari tenggelam atau Sunrise. Karna tidak bisa dipungkiri disini keindahan Sunset begitu menakjubkan ditambah dengan udara yang masih teramat sejuk.

Dan tentu saja masih banyak lagi Candi-Candi di Jogja yang perlu diulas karna mempunyai daya tarik juga keindahan masing-masing. Jangan sampai lupa untuk sekedar mengunjungi peninggalan di masa lampau yang berada di Jogja karna anda akan menemukan sesuatu yang berbeda di setiap wisata-wisatanya…
Kaya makanan khas Jogja yang satu ini Bakpia Mutiara Jogja šŸ™‚ jelas berbeda dari pada Bakpia Jogja Lainya…
Karena Bakpia Mutiara Jogja “Enaknya ngga pernah boong!!”

Share this post

Comment (1)

  • bakpia pathok 25 Reply

    Bakpia memang menjadi kue yang khas di Indonesia, rasanya dan bentuk varian seperti bakpia pathok 25, merlono,, mutiara jogja itu adalah pelangkap dan penyempurna dari kue pia.

    October 31, 2016 at 11:14 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *