Wisata Benteng Vredeburg

benteng vredeburg

Wisata Benteng Vredeburg

Wisata Benteng Vredeburg, merupakan sebuah benteng yang berada di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan, Yogyakarta dan saat ini benteng ini dijadikan sebagai wisata Museum. Benteng Vredeburg yang letaknya di ujung jalan Malioboro, Yogyakarta ini, alangkap lengkapnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 6, Yogyakarta.

Dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda ini memiliki luas kurang lebih 2100 meter persegi, dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda saat itu. Di kelilingi sebuah parit yang sebagian bekas-bekasnya telah direkontruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng yang berbentuk persegi ini memiliki menara pemantau (pastion) di keempat sudutnya.

Benteng Vredeburg ini mempunyai beberapa koleksi antara lain :
1. Bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang dipugar kembali seperti bentuk aslinya.
2. Diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan sebelum proklamasi kemerdekaan hingga masa orde baru.
3. Koleksi benda-benda bersejarah, foto-foto, lukisan, tentang perjuangan nasional dalam merintis, mencapai, mempertahankan, serta mengisi Kemerdekaan Indonesia.

Sangat berbeda dengan yang dahulu, kini Benteng Vredeburg terlihat lebih bersih dan terawat. Bangunan-bangunanya pun telah di cat agar terlihat semakin menarik bagi para pengunjung. Jika memasuki kawasan Benteng Vredeburg akan terasa suasana Belandanya dengan arsitektur gaya Eropa. Disana para pengunjung akan menemukan halaman taman dengan kawalan patung Jenderal Soedirman dan Jenderal Oerip Soemohardjo serta patung-patung replika meriyan diantara bangunan-bangunan bersejarah lainya.

Wisata yang dibuka pada hari selasa sampai minggu ini, selalu banyak peminat. Karna di sini para pengunjung dapat melepas pemandangan di sekitar Benteng Vredeburg dengan berkeliling di atas dinding Benteng ini.

Jika anda berencana untung datang berlibur ke Jogja, apalagi di Malioboro jangan sampai lewatkan mengunjungi bangunan bersejarah Benteng Vredeburg untuk melihat kemegahan bangunan ini.
Jangan lupa jangan cuman mampir ke Benteng Vredeburg yang sangat menarik tapi juga mampir ke outlet Bakpia Mutiara Jogja di Malioboro tepatmnya berada di Jalan Dagen. Untuk cari oleh-oleh menarik yaitu Bakpia yang paling enak di Jogja… Cari Enaknya Bakpia!! yaaa cuman di Bakpia Mutiara Jogja 🙂

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *