Wisata Candi Sambisari

candi sambisari

Wisata Candi Sambisari

Wisata Candi Sambisari, Candi ini merupakan salah satu Candi Hindu yang ada di Jogja. Terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Berjarak sekitar 4 kilometer dari komplek Candi Prambanan. Di bangun pada abad ke 9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Asal Usul Candi Sambisari ini ditemukan oleh seorang petani di desa Sambisari pada tahun 1966 dan telah dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Nama Sambisari sendiri dipilih karena untuk mengabadikan nama desa dimana Candi ini ditemukan. Candi ini ditemukan dalam posisi terletak 6,5 meter dibawah permukaan tanah. Kemungkinan Candi Sambisari ini tertimbun lahar Gunung Merapi yang kala itu meletus besar-besaran pada awal abad ke 11, karena terlihat dari banyaknya material vulkanik disekitarnya.

Komplek Candi Sambisari ini dikelilingi oleh 2 lapis pagar. Halaman luar seluas sekitar 40×48 meter dikelilingi pagar batu rendah, sedangkan untuk bagian dalam dikelilingi pagar batu setebal kira-kira 50 centimeter dengan tinggi batu 2 meter. Candi yang terdiri atas satu Candi induk dan 3 Candi perwara ini hanya Candi induklah yang masih relatif utuh sedangkan 3 Candi perwara yang letaknya berhadapan dengan Candi induk kini tinggal baturnya saja yang tersisa.

Sama halnya dengan Candi Ijo, Candi Sambisari ini khusus untuk menyembah Dewa Siwa, dibuktikan dengan adanya sejumlah batu-batu menonjor berukuran kecil yang merupakan Lingga-Yoni di sekitar candi induk dan Candi perwara.

Fasilitas yang disediakan di Candi Sambisari termasuk lengkap dan cukup nyaman. Adanya ruangan informasi yang berisi maket candi dan arca-arca , toilet serta banyak bangku-bangku yang tersebar di area taman Candi Sambisari. Tak ketinggalan ada juga disekitar Candi ini yang menjual aneka minuman dan snak kecil.

Terletak diantara hamparan sawah dan pemukiman warga. Candi sambisari ini alhasil kerap berfungsi ganda yaitu sebagai tempat wisata taman umum alisa ruangan hijau dan tak jarang ketika sore hari banyak anak-anak sekitar yang bermain layang-layang di sekitaran taman candi ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *