Sering Diserang Insomnia Akut? 5 Tips Ini Bisa Kamu Coba

Sering Diserang Insomnia Akut? 5 Tips Ini Bisa Kamu Coba

Apakah kamu sering terbangun ketika tidur? Atau bahkan sulit untuk memulai tidur? Lalu kamu tiba-tiba terbangun tengah malam atau pagi-pagi sekali mengamali kesulitan untuk kembali tidur. Hati-hati, bisa jai kamu sedang mengalami insomnia. Insomnia adalah gejala atau kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau tetap tidur sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Banyak penderita insomnia yang akhirnya bergantung pada obat tidur atau zat penenang demi bisa tidur atau beristirahat.

Masalahnya pemakaian obat sedatif memunculkan potensi ketergantungan secara sikologi berupa anggapan bahwa seseorang tidak bisa tidur tanpa obat-obat tersebut. Insomnia bukanlah suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki penyebab seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan ketergantungan obat-obatan.

Nah, buat kamu yang sudah sering mengalami insomnia. Beikut ini tips-tips yang bisa kamu aplikasikan agar insomniamu sembuh total. Simak baik-baik yuk.

Hindari tidur dengan jadwal yang berubah-ubah

Kesibukan yang terlalu tinggi tanpa diiringi disiplin waktu merupakan salah satu akar munculnya insomnia. Kesibukan yang terlalu tinggi dan tidak terorganisir membuat kita tidak bisa mengatur waktu tidur dengan baik. salah satu dokter ahli menyarankan agar kita tidur pada jam yang sama setiap harinya. Misalnya, kamu hari ini tidur pukul 10 malam dan bangun besok pagi  pada pukul 5 pagi. Akan lebih baik jika besok dan seterusnya adalah memulai tidur dan bangun pada jam yang sama. Kebiasaan seperti ini akan membuat badan jauh lebih segar dan bugar.

Seorang dokter ahli menyebutkan kembali bahwa tubuh kita pada dasarnya butuh konsistensi. Kebiasaan tidur malam dan bangun lebih siang pada akhir pekan bukanlah cara terbaik untuk mendisiplinkan waktu tidur. Jika ketidakteraturan ini terus dibiarkan terjadi, bukan mustahil jika insomnia segera menghampiri. Bagi beberapa orang yang memiliki kesibukan tertentu, displin untuk memulai tidur  dan bangun pada jam yang sama mungkin sulit untuk dilakukan. Namun jika tidak segera dimulai, bisa jadi insomnia akan cepat datang.

Pliss, jangan menggunakan alat elektronik seperti hp sebelum tidur

Siapa yang menyangka bahwa aktifitas di media sosial juga bisa menjadi salah satu penyebab insomnia. Hal ini bisa terjadi jika kita aktif di media sosial tanpa mengenal waktu atau tidak memilih waktu yang tepat. Tak jarang sebelum tidur kita memegang alat-alat elektronik yang bisa chatting atau mengobrol di facebook, twitter atau berbagai sarana komunikasi lainnya yang berkaitan dengan alat-alat elektronik, seperti; ponsel, tablet, atau bahkan leptop.

Mungkin kita tidak menaydari saat melakukannya tetapi seringkali setelah asik mengobrol kita menjadi lupa waktu.  Rasa kantuk yang tadinya muncul akan hilang. Artinya kita terlambat tidur dan sulit untuk memulainya, akhirnya insomnia pun datang. Jika memang kamu mempunyai kesukaan atau hobby berkomunikasi dengan chatting, lakukanlah saat kamu sedang tidak berada di tempat tidur ketika akan memulai tidur. Salah satu cara untuk menghindari aktifitas ini adalah menjauhkan alat-alat elektronik dari jangkauan saat kamu sudah berada di tempat tidur.

Usahakanlah untuk selalu memerhatikan jam

“Jangan pernah memerhatikan jam saat kamu akan tidur”

Benarkah tindakan yang kita anggap kecil dan sepele ini bisa menyebabkan insomnia? Jawabannya adalah bisa saja. Secara sikologi, dengan melihat jam saat akan tidur, otak kita secara otomatis akan berpikir berapa lama kamu punya tidur sebelum bangun besok paginya. Lebih jauh hal ini akan memacu produksi kortisol dan adrenalin, efeknya kamu akan terjaga dan sulit untuk tidur.

Bagaimana menghindari cara hal ini? sebenarnya tidaklah sulit. Kamu cukup kembali pada prinsip awal, yakni disiplin mengatur waktu tidur. Dengan disiplin tersebut, kamu tidak perlu khawatir saat akan tidur. Tak perlu melihat jam dan menghitung berapa lama waktu yang kamu punya untuk beristirahat.

Cobalah untuk sugestikan pada diri sendiri bahwa ada kewajiban tidur 8 jam sehari

Lalu berapa lama sebenarnya waktu tidur yang kita butuhkan dalam sehari? Jawaban standarnya orang dewasa memang membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur. Namun tidak semua orang memiliki kebutuhan tidur yang sama. Ada yang baru merasa segar setelah tidur 9 jam, ada juga yang kurang dari 8 jam. Bahkan ada orang yang merasa cukup untuk tidur hanya 6 jam. Cara mengukur berapa lamu kamu butuh tidur tidak tidak terlalu sulit dan tidak juga perlu bertanya kepada orang lain.

Saat kamu bangun pagi tanpa memakai alaram dan kamu merasa segar lalu tidak merasakan lelah sepanjang hari artinya kamu sudah tidur dengan cukup. Kamu tidak perlu terpatok dengan aturan tidur harus 8 jam, bisa jadi 8 jam terlalu lama buat kamu.  Seperti tidur yang kurang, tidur yang terlalu lama juga bisa menganggu kinerja tubuh kita. Jadi kenali dengan baik berapa lama waktu tidur yang kamu butuhkan dan lakukan dengan disiplin. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kebugaran saat bangun dan kamu juga terbebas dari insomnia.

Disiplin menagtur jam tidur

Kembali pada konsep awal untuk menghindari insomnia, kamu harus disiplin dalam mengaturjam tidur. Pastikan kamu merencanakan tidur dengan baik, karena tidur memegang peranan penting dalam hidup kita. Tidur cukup dan berkaulitas akan memudahkan kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Jika tidak memiliki jam tidur yang pasti, kamu akan kesulitan mendapatkan asupan energi yang cukup sebagai bekal menjalani kewajiban dan tanggung jawab pada ahri tersebut. Tanpa perencanaan yang tepat soal jam tidur, kamu bisa terserang insonmia yang bisa berpengaruh pada menurunnya kualitas hidup.

Sebelum kamu tidur, ambilah waktu seperlunya untuk mempersiapkan diri. selesaikan semua kewajiban kamu, bersihkan diri, termasuk sikat gigi, ambil waktu untuk relaksasi, dan terakhir selamat tidur.

Jangan pernah remehkan urusan tidur. Jangan pernah juga mengabaikan insomnia. Jika kamu sudah merasakan gejalanya, segera kenali sebabnya, dan perbaikilah cara hidup kamu demi mendapatkan cara hidup berkualkitas yang akan berdampak pada meningkatnya pula kualitas hidup kamu. Semoga informasi ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat, khususnya buat kamu yang sering mengalami insomnia. Yuk hidup sehat dengan pola tidur yang sehat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *