Buat Para Orangtua, 4 Tips Menstimulasi Kecerdasan Anak ini Patut Dicoba

Bagi yang sudah berkeluarga, anak adalah anugrah yang begitu berharga. Anak menjadi penyempurna bagi mereka yang sudah berumahtangga. Siapa yang tak bahagia memiliki seorang anak? Bagi mereka yang sudah memiliki anak, apapun rela dilakukan demi perkembangan sang anak.

Melihat perkembangan anak dari masa ke masa memang menyenangkan. Siapa sangka anak yang tadinya hanya bisa telentang kini bisa merangkak hingga selanjutnya bisa berjalan. Nah, ternyata ada banyak cara yang biasanya dilakukan orangtua untuk membantu perkembangan anaknya.

Dan, tahukan kamu? Kecerdasan anak ternyata dibagi kedalam 8 kategori. Menurut pakar pendidikan dari Universitas Harvard, Thomas Armstrong ada  8 jenis kecerdasan, yaitu: Word smart, number smart, self smart, people smart, music smart, picture smart, body smart, dan nature smart. Tiap anak bisa memiliki 8 jenis kecerdasan, walaupun begitu, ada juga anak yang menonjol pada satu atau lebih kecerdasan tersebut.

Buat kamu yang sudah memiliki seorang anak, berikut Bakpia Mutiara Jogja berikan tips-tips efektif yang bisa kamu terapkan untuk menstimulasi kecerdasan anak. Yuk simak.

Word Smart dan Number Smart

Anak-anak yang tergolong cerdas dalam word smart biasanya memiliki kemampuan baik dalam bernahasa baik dalam tulisan maupun saat sedang berbicara. Hal ini bisa terlihat dalam kegemaran sang anak dalam kegiatan yang melibatkan huruf, mulai dari membaca, cepat mengeja kata dengan baik, hobby menulis, suka berbicara dan mendengarkan cerita.

Jika si anak menyenangi kegiatan-kegiatan seperti yang sudah disebutkan diatas, stimulasilah anak kamu dengan buku-buku yang dia gemari, seperti buku cerita atau buku pengetahuan. Berikan juga mainan berbentuk huruf alfabet atau mainan yang berkaitan dengan huruf dan kata. Kamu juga bisa memberikan kertas untuk menulis atau mungkin mengarang sebuah cerita. Orangtua juga bisa mendukung si anak dengan sering mengajak untuk bercerita, membaca bersama, membacakan dongeng atau melakukan dialog dengan anak.

Sedangkan anak-anak yang tergolong number smart, biasanya tertarik akan angka, matematika dan hal-hal yang berbau sains dan logika. Bagi kamu yang memiliki anak seperti ini, bantu asah kemampuannya dengan memberikan alat berhitung yang menarik, seperti balok bertuliskan angka, puzzel, hingga timbangan untuk mengukur berat. Selain itu para orangtua bisa membawa anaknya untuk mengunjungi museum ilmu pengetahuan, mengajak bermain monopoli, atau bermain sambil berhitung.

Self Smart dan People Smart

Jika kamu melihat anak kamu senang bermain sendiri jangan terburu-buru untuk meminta sang anak bermain atau bersosialisasi dengan anak lain, karena bisa jadi anak kamu tergolong dalam anak dengan tipe kecerdasan self smart. Walaupun cenderung suka bermain sendiri, anak dengan kecerdasan ini bisa mengatur emosinya dengan baik. anak seperti ini biasanya memiliki ambisi dan sudah tau keinginannya saat besar nanti, sang anak juga memiliki kepercayaan tinggi dan bisa mengkomunikasikan perasaannya dengan baik.

Dengan kecerdasan tersebut, dukung anak kamu dengan memberikan tempat yang nyaman untuk bermain sendiri, memberi boneka atau mainan peragaan. Orangtua juga bisa saling berbicara dengan perasaannya dan pendapat si anak tentang berbagai hal. Ajak anak kamu dengan berbbagai aktifitas yang bersifat reflektif seperti yoga.

Sebaliknya bagi anak yang memiliki kecerdasan people smart, dia lebih suka bermain dengan banyak orang. Sang anak biasanya memiliki empati tinggi, mampu memahami perasaan orang lain, cenderung menonjol dan memimpin saat bermain. Untuk membantu mengasah kecerdasaannya, ajak anak kamu untuk bermain drama atau teater boneka, berikan kostum-kostum sebagai sarana menyalurkannya. Orangtua juga bisa mengajak si kecil mengunjungi tempat bermain atau mengunjungi acara keluarga dan bermain bersama di luar rumah.

Music Smart dan Picture Smart

Kecerdasan music smart adalah salah satu jenis kecerdasan yang mudah dilihat pada anak. Karena anak dengan tipe ini sangat suka bernyanyi, menggoyangkan badan atau berjoget ketika mendengarkan musik. Nah untuk mendukung minat si anak, berikanlah dia alat musik seperti; drum kecil, piano keyboard atau alat musik lainnya. Kamu juga bisa mengajak si anak untuk bernyanyi bersama dan mengajaknya menonton konser musik untuk anak-anak.

Sedangkan anak dengan tipe picture smart terlihat dari kegemarannya yang suka menggambar, mencoret-coret kertas, mewarnai dan berimajinasi. Alat bantu mengembangkan anak dengan kecerdasan ini salah satunya adalah kertas dan alat menggambar, beri juga dia balok-balok yang bisa membentuk bangunan sehingga bisa mengembangkan imajinasinya. Dan untuk memperluas imajinasinya, kamu bisa mengajak si kecil ke museum seni atau pameran lukisan.

Body Smart dan Nature Smart

Pastinya sangat menyenangkan apabila meilhat buah hati aktif dan suka bermain kesana-kemari. Anak yang sangat aktif, suka berolahraga, menari, menyentuh dan mempelajari benda merupakan tipe anak yang memiliki kecerdasan bodu smart. Dia juga cenderung suka membuat sesuatu dengan tangannya. Untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak ini berikan mainan dari balok-balok kayu dan kantong pasir untuk membuat rumah-rumahan. Berikan juga tali untuk bermain lompat tali. Sebagai orang tua, kamu bisa mengajak si anak olahraga bersama, membuat prakarya, atau menonton pertunjukan balet atau teater.

Selanjutnya, anak dengan tipe kecerdasan nature smart. Anak dengan kecerdasan ini sangat suka bermain di alam. Dia juga menyukai binatang, tanaman, dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Untuk membantu mengasah kecerdasannya, berikan dia binatang peliharaan, aquarium, atau sediakan ruang untuk dia berkebun dan bercocok tanam. Kamu juga bisa memberikan teropong untuk dia melihat-lihat burung dikejahuan. Anak-anak yang suka bermain di alam bebas ini juga sebaiknya sering diajak ke kebun biantang. Bisa juga mengikuti kegiatan berkebun sambil mengenal jenis tanaman atau serangga yang dia temui.

Itulah tadi cara-cara untuk dapat menstimulasi kecerdasan anak yang bisa dijadikan refernsu. Anak adalah anugrah Tuhan yang begitu berharga. Keberadaannya seolah menjadi penyemangat dan penyempurna kebahagiaan setiap manusia. Semoga infromasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi perkembangan sang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *