5 Wisata di Purbalingga Wajib Kamu Kunjungi Selepas Libur Lebaran - Bakpia Mutiara Jogja

5 Wisata di Purbalingga Wajib Kamu Kunjungi Selepas Libur Lebaran

Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah menawarkan lebih dari sekadar makanan ringan khas tempe mendoan. Daerah ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi setelah selesai liburan Idul Fitri. Seperti yang dirangkum Bakpia Mutiara Jogja, berikut adalah lima tempat wisata yang layak dijelajahi di Purbalingga.
 

1. Taman Air Owabong

 
Berlokasi di Jl. Raya Owabong, Bojongsari, situs liburan keluarga ini cukup terjangkau namun menawarkan variasi wahana yang hebat. Hanya dengan Rp 35.000 per orang, pengunjung dapat menikmati kolam ombak, kolam busa, kolam snorkeling anak-anak, kolam snorkeling dewasa, dan wahana menarik lainnya.
 

2. Gua Lawa

 
Salah satu situs wisata alam paling terkenal di Purbalingga adalah Gua Lawa, juga dikenal sebagai Golaga. Nama gua, Lawa, adalah kata Jawa untuk “kelelawar”. Namun, gua ini sangat terkenal dengan tampilan bebatuan yang indah di bawah lampu warna-warni. Gua itu sendiri memiliki lebar 5 kilometer dan panjang 1,5 kilometer. Pengunjung dapat mengunjungi gua dari jam 8 pagi sampai 5 sore. setiap hari. Biaya masuknya sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 pada hari kerja dan Rp 15.000 pada akhir pekan.
 

3. Desa wisata Serang Lembah Asri

 
Desa di kabupaten Karangreja ini dirancang untuk rekreasi keluarga. Pengunjung dapat menikmati wahana air dan naik sepeda terbang, serta mengunjungi kompleks rumah mini yang disebut Kampung Kurcaci. Rumah-rumah pohon di antara pohon-pohon pinus Amboyna juga menjadi tempat favorit untuk berfoto. Tidak hanya itu, tetapi para pelancong juga dapat menjelajahi Dataran Tinggi Serang dan ladang stroberi terdekat selama kunjungan mereka.
 

4. Taman Bunga Kutabawa

 
Seperti namanya, taman menawarkan pemandangan indah dari ladang bunga di sepanjang Jl. Gunung Slamet, kabupaten Karangreja. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk masuk.
 

5. Purbasari Pancuran Mas

Situs ini adalah kompleks taman pendidikan terintegrasi yang terletak di desa Purbayasa, Padamara. Di dalam kompleks, pengunjung dapat mengunjungi Toyoshuka Planet Aquarium, River World, Bird Park, Waterbook, Kraca Bungur Hall dan Bird Palace setelah membayar biaya masuk Rp20.000. Situs ini telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk 2018 Sustainable Tourism Award (ISTA) dari Kementerian Pariwisata.