4 Air Terjun Mini di Jogja yang Asik Untuk Bermain Air

4 Air Terjun Mini di Jogja yang Asik Untuk Bermain Air

Bakpia di Jogja – Jogja dianugrahi banyak air terjun cantik dan menawan mulai dari air terjun bertingkat sampai air terjun mini dengan kolam alami yang asik untuk mandi. Nah, buat kamu yang lagi di Jogja dan suka dengan wista air terjun, berikut ini 4 air terjun mini yang bisa kamu kunjungi. Simak yess.

1. Air terjun Lepo

Air terjun Lepo terletak di Ds. Pokoh 1, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Yogyakarta. Perjalanan yang harus kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan waktu Sekitar 30 menit dari pusat kota Jogja. Air Terjun Lepo ini merupakan air terjun 3 tingkat dengan 4 Kolam alami di mana masing-masing Kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda dan pastinya cukup aman untuk wisatawan yang ingin berenang. Ketinggian dari masing-masing air terjun sekitar 4-6 meter, tak heran bila air terjun ini dijuluki sebagai air terjun mini. Untuk tiket masuk cukup bayar seikhlasnya. Sementara untuk biaya parkir dikenai tarif Rp2000/motor dan Rp10000/mobil.

2. Curug Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang terletak dikawasan Jln. Juminahan, Ds. Sampang, Kec. Gedangsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan yang harus kamu tempuh dari pusat kota Jogja memakan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Tempat wisata yang satu ini disebut sebagai Antelope Canyon-nya Gununkidul ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 6 meter. Untuk bisa menikmati keeksotisan curug ini tidak dikenai biaya retribusi alias gratis. Tempat ini dikatakan bersejarah karena menurut warga setempat tempat ini dulu sempat pernah menjadi petilasan Sunan Kalijaga.

3. Air terjun Pulosari

Air tejun Pulosari terletak di Dsn. Krebet, Ds. Sendangsari, Kec. Panjangan, Kab. Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai ke Lokasi air terjun memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jogja. Tidak ada tiket masukan untuk bisa menikmati pesona air terjun ini, kamu cukup membayar parkir Rp2000/motor. Dengan tinggi yang hanya sekitar 6 m, membuat air terjun Pulosari cocok dijuluki air terjun mini.

4. Curug Banyunibo

Curug Banyunibo terletak tak jauh dari kawsan curug Pulosari, tepatnya di Dsn. Kabrokan Kulon, Ds. Sendangsari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, Yogyakarta.  Perjalanan yang harus kamu tempuh searah dengan dengan curug Pulosari dan sama-sama memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Jogja. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini tidak dikenai biaya retribusi, kamu cukup membayar parkir Rp3.000/motor. Untuk bisa sampai lokasi kamu akan dibawa melewati semak belukar, jadi pastikan kondisi fisikmu sedang sehat agar tak mudah kelelahan dalam perjalanan.

Nah, itulah 4 air terjun mini di Jogja yang bisa kamu sambangi. Masing-masing air terjun memiliki kolam alami yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air, berendam atau berenang. Ingat, tetap hati-hati, tetap jaga kesopanan dan tetap jaga kebersihan. Semoga perlanananmu menyenangkan. Selamat jalan-jalan dan jangan lupa mampir beli oleh-oleh di Bakpia Pathok Mutiara Jogja.

(Foto featured dari @a_adinugroho)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *