Transportasi Alternatif ke Banyuwangi: Saat Bandara di Bali Ditutup

Transportasi Alternatif ke Banyuwangi: Saat Bandara di Bali Ditutup

Letusan Gunung Agung beberapa hari lalu mengganggu penerbangan ke dan dari Bandara Blimbing Sari di Banyuwangi awal pekan ini, karena abu vulkanik dari pulau Bali menimbulkan risiko bagi pesawat. Tetapi pesawat bukan satu-satunya cara untuk mencapai salah satu tujuan perjalanan paling populer di Jawa Timur, yang juga merupakan rumah bagi Kawah Ijen yang dikenal dengan danau biru dan danau kawah pirus yang unik. So, berikut adalah jalur alternatif untuk mencapai Banyuwangi dari Bakpia Mutiara Jogja.

Menggunakan Bis

Beberapa bus melayani rute Jakarta-Bali berhenti di Banyuwangi. Namun, opsi ini membutuhkan waktu lama – diperkirakan sekitar 25 jam di jalan, tergantung pada lalu lintas. Ada juga rute bus yang melakukan perjalanan dari kota-kota tetangga di Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang. Untuk mengurangi waktu perjalanan, naik penerbangan dari Jakarta ke kota-kota terdekat dan lanjutkan dengan bus.

Kereta Api

Bepergian dengan kereta api adalah pilihan alternatif lain yang terbilang ekonomis. Penumpang dari Jakarta dapat naik kereta api baik dari Stasiun Gambir untuk kamu yang berada di jalur utara atau Stasiun Pasar Senen untuk kamu yang berada di jalur selatan. Tidak ada layanan kereta langsung ke Banyuwangi. Untuk rute utara, penumpang yang melakukan perjalanan dari Jakarta Gambir dapat menuju ke Surabaya, baik ke Stasiun Pasar Turi atau Surabaya Gubeng. Dari Surabaya transit di Stasiun Banyuwangi Baru. Waktu perjalanan dari Jakarta diperkirakan antara 16 dan 17 jam.

Untuk jalur selatan, penumpang harus pergi ke Yogyakarta dari Pasar Senen, berhenti di Lempuyangan. Dari sana beralih kereta ke Banyuwangi Baru melalui Surabaya. Secara total, dibutuhkan sekitar 22 jam untuk mencapai tujuan. Untuk mengurangi waktu perjalanan, pertimbangkan untuk menggabungkan penerbangan dan naik kereta api. Terbang ke Bandara Internasional Juanda di Surabaya dan pergi ke Stasiun Gubeng untuk melanjutkan dengan kereta api ke Banyuwangi. Juga dimungkinkan untuk terbang ke Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang dan naik kereta api dari Stasiun Malang Kota Lama ke Banyuwangi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat