Tips Hemat Traveling Ala Mahasiswa. Yuk Coba!

Tips Hemat Traveling Ala Mahasiswa. Yuk Coba!

Musim liburan semester sudah ada di depan mata. Wahai para mahasiswa, sudah punya agenda mau liburan kemana aja nih di tahun 2018? Upppss.. dompet lagi nipis, ya? Tenang… jangan khawatir, ada beberapa tips traveling hemat ala mahasiswa yang bisa kamu aplikasikan nih. Dengan buget nipis kamu tetap bisa traveling kemanapun kamu mau. Mau tau tips-tipsnya? Yuk simak baik-baik ulasannya ya.

Pertama, carilah tiket yang murah.

Jauh-jauh hari sebelum berangkat traveling, sebaiknya kamu susun dulu rencana perjalananmu kira-kira mau kemana saja, destinasi wisata mana saja yang akan kamu sambangi dan berapa lama kamu traveling. Setelah rencana tujuanmu sudah jelas dan matang, selanjutnya kamu bisa langusung hunting tiket disejumlah aplikasi situs booking onlinedi gadgetmu. Keuntungan memesan tiket dari jauh-jauh hari yaitu harga yang cenderung lebih murah. Jika ada situs booking online yang menawarkan promo atau diskon, manfaatkanlah sebaik mungkin.

Kedua, carilah penginapan yang murah

Tips hemat traveling selanjutnya selain mencari tiket perjalanan yang murah, yaitu mencari penginapan yang murah. Yup, penginapan sangat penting buat kamu yang ingin traveling, terlebih jika agenda travelingmu sampai berhari-hari. Jadi, buat kamu dengan budget tips tapi ingin tetap traveling, pastikan kamu jangan mencari penginapan yang mahal, karena harga penginapan yang mahal tentu bisa langsung menguras isi dompetmu. Tak perlu menginap di hote berbintang, karena  wisma atau homestay pun bisa jadi pilihan.

Ketiga,membawa makanan sendiri dari rumah

Liburan jadi salah satuwaktu yang tepat untuk  kuliner, meski begitu bukan berarti harus melulu kuliner di cafe maupun restoran. Untuk menghemat pengluaranmu saat traveling, kamu bisa mengakalinya dengan membawa makanan sendiri dari rumah, yang simpel-simpe saja seperti snack,  kerupuk, mi instan dan makanan-makanan lainnya yang bisa kamu olah secara cepat atau instan.

Jangan konsumtif! Belilah barang yang benar-benar kamu butuhkan

Selain kuliner, shopping juga jadi hal penting dari travelling. Surga shooping adalah ketika kamu menjumpai berbagai barang yang sudah sedari lama kamu dambakan namun tidak kamu temukan di tempat asalmu, atau barang diperjualkan memiliki harga  lebih murah dibandingkan dengan harga barang yang ada dikotamu. Menemukan hal demikian, tentu kamu merasa sangat senang dan rasanya ingin memborong barang-barang tersebut. Meski demikian, kamu harus tetap ingat, karena kamu sedang menghemat pengeluaran, jadi beliliah barang yang benar-benar kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan. Jangan konsumtif!

Belilah oleh-oleh yang bermanfaat

Traveling belum lengkap rasanya kalau belum membawa  oleh-oleh buat sanak keluarga, sahabat atau orang-orang tersayang. Di setiap tempat wisata, tentu ada banyak oleh-oleh khas, tapi kamu tidak harus membeli semua jenis oleh-oleh tersebut. Kamu cukup membeli oleh-oleh makanan atau kerajinan dari daerah tersebut. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir biaya pengeluaranmu membengkak.

Nah, itulah beberapa tips traveling hemat ala mahasiswa yang bisa kamu aplikasikan. Semoga bermanfaat. Dan tetaplah jadi wisatawan yang bijak dengan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Selamat liburan.

Yang penting tetap ingat, ke mana pun liburanmu jangan lupa beli oleh-oleh bakpia di Bakpia Mutiara Jogja ya!

(Foto featured dari ambonasu.blogspot.com)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat