Pendakian Gunung Raung Ditutup, Berikut Alternatif 5 Gunung di Jawa Timur Untuk Didaki - Bakpia Mutiara Jogja

Pendakian Gunung Raung Ditutup, Berikut Alternatif 5 Gunung di Jawa Timur Untuk Didaki

Kabar terbaru bahwa Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur, ditutup bagi pendaki setelah kebakaran yang dimulai pada Jumat malam. Kepala pusat informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan 13 pendaki diselamatkan pada Sabtu pagi dan masih ada titik panas di gunung itu. Untuk kamu yang masih ingin mendaki di sekitar Jawa Timur, Bakpia Mutiara telah menyusun daftar 5 gunung yang masih dibuka dan aman.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung paling terkenal di Indonesia. Gunung ini juga menjadi favorit bagi para pelancong dan pendaki karena gunung ini sangat cocok untuk mereka yang berada di tingkat pemula. Dengan tantangan minimum, pendaki dapat menikmati keindahan kawah dan pemandangan matahari terbit di Bukit Pananjakan. Di bagian bawah, dataran berpasir yang luas di sekitar Gunung Bromo juga merupakan pemandangan yang tidak ada duanya.

2. Gunung Ijen

Terletak di Banyuwangi, tempat ini terkenal sebagai satu-satunya gunung di dunia dengan api biru yang keluar dari kawahnya. Wisatawan berduyun-duyun ke situs ini untuk menyaksikan danau belerang berwarna hijau kehijauan. Untuk sampai ke kawah, pendaki harus berjalan di jalur yang agak menantang yang membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk menyelesaikannya. Gunung ini juga dianggap cocok untuk pendaki pemula.

3. Gunung Kelud

Terletak 1.731 meter di atas permukaan laut, gunung ini sering dianggap lebih mudah untuk didaki daripada gunung di sekelilingnya yang lebih tinggi. Namun tantangannya terletak pada suhunya yang tinggi, bersama dengan kelangkaan air. Jika mampu menghadapi tantangan, pendaki disarankan untuk membawa air yang cukup untuk bahan logistik empat hingga enam jam yang dibutuhkan untuk mencapai puncak.

4. Gunung Argopuro

Sebuah legenda mengatakan bahwa Puteri Rengganis dari Kerajaan Majapahit lenyap di Gunung Argopuro bersama enam wanita yang sedang menunggu. Terletak 3.088 m di atas permukaan laut, puncak gunung ini sekarang bernama Rengganis. Pendaki akan melihat sabana Cikasur dan berbagai satwa liar yang mencakup babi hutan dan rusa saat turun dari atas. Gunung ini juga dilengkapi dengan Living Park Lake yang dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur. Ketika kabut sesekali turun, akan membuat panorama tampak lebih dramatis!

5. Gunung Penanggungan

Pada ketinggian 1.653 m di atas permukaan laut, gunung ini menjadi favorit di kalangan pendaki karena dianggap aman untuk pemula. Gunung Penanggungan juga merupakan tempat orang menemukan ratusan situs Hindu dan Budha kuno di lerengnya. Jejak Tami Ajeng dianggap sebagai yang paling aman bagi pejalan kaki dan akan memakan waktu sekitar empat jam untuk sampai ke puncak.

So, dari lima gunung Jawa Timur di atas mana yang sudah kamu daki atau berencana untuk kamu daki?