Pastikan Mencicipi Kue Rangi Kalau Kamu Mudik Lewat Kendal

Pastikan Mencicipi Kue Rangi Kalau Kamu Mudik Lewat Kendal

Kalau kamu adalah warga asli Kendal, tentu tak asing dengan kuliner satu ini. Namanya Kue Rangi. Jajanan lezat ini merupakan kue khas Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sekilas, panganan ini persis dengan kue pancong asal Jakarta. Namun bedanya, kue rangi mempunyai ukuran yang jaul lebih besar dan cetakannya berbentuk bunga.

Soal rasa, kue rangi mirip seperti wingko babat khas Semarang, itulah mengapa banyak orang menyebutnya wingko desa. Namun sayang, seiring dengan perkembangan jaman, kue rangi makin ke sini makin sulit ditemukan dan dilupakan. Hanya tersisa beberapa orang saja yang masih menekuni bisnis kue rangi.

Menurut salah satu pedagang kue Rangi, bisnis ini memang sudah jarang dilirik orang. Namun ia mengaku sudah menggeluti bisnis kue Rangi sejak turun temurun. Dimulai keluarganya sejak puluhan tahun lalu. Mulai dari kakek, orang tuanya, dan sekarang dirinya. Ia pun menuturkan jika bulan puasa sampai Lebaran, banyak pembeli untuk cemilan.

Alat produksi yang digunakan untuk membuat kue Rangi terbilang masih tradisional, yaitu tungku. Pengapiannya bersumber dari serabut kelapa. Bahan dasar kue rangi sendiri adalah kelapa dan tepung ketan. Ketika mencampur parutan kelapa dan tepung ketan harus menggunakan perasaan dan ini resepnya.

Dalam sehari pedagan kue Rangi mampu memproduksi 100 sampai 150 kue. Kelapa diparut secara manual, tidak menggunakan mesin. Sebab kalau menggunakan mesin, parutan kelapa akan jadi terlalu halus. Selain itu, cara manual bakal menghasilkan tekstur yang tepat. Rasa dan baunya pun sangat khas.

Bahan baku kelapa dan tepung ketan yang akan digunakan membuat kue rangi pun harus kualitas terbaik. Oleh sebab itu, semua bahan harus dibeli langsung ke pengepul. Tujuannya, agar rasanya tidak berubah sehingga pembeli tidak kecewa.

Menjelang lebaran seperti sekarang pesanan kue Rangi selalu membludak. Bahkan banyak pedagang kewalahan. Agar tidak kecewa, sebaiknya kalau kamu mau pesan kue Rangi harus jauh-jauh hari sebelumnya. Salah seorang pembeli, Nur Salimahtun mengatakan rasa dari kue ini manis dan sangat gurih. Oh ya, kue Rangi dibandrol dengan harga Rp 6.000 satu porsinya.

So, pastikan kalau kamu mudik lewat Kendal, jangan lupa mampir untuk mecicipi kue Rangi ya. Dan jangan lupa  bawa Bakpia Mutiara Jogja untuk oleh-oleh orang tercinta di rumah

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat