Museum Bank Indonesia: Wisata Baru di Surakarta Siap Dikunjungi Saat Tahun Baru

Surakarta di Jawa Tengah akan segera memiliki tempat wisata baru, karena bekas kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) di kota sedang diubah menjadi museum. Rencananya pembangunan akan selesai pada akhir tahun, dan akan terbuka untuk umum pada Januari 2019. So, kamu yang berada di Jawa Tengah dan sekitarnya, tak ada salahnya untuk mengagendakan datang ke sini.
 

Sejarah Awal Bank Indonesia di Surakarta

 
Sebuah bangunan warisan dalam gaya Eropa, dibangun pada tahun 1867 sebagai kantor untuk De Javasche Bank Agentschap Soerakarta. Terletak di Jl. Jenderal Soedirman, gedung ini berdiri di dekat kantor pos utama, balai kota Surakarta, Benteng Vastenburg dan gedung BI yang baru. Rencana untuk mengubah bangunan menjadi museum muncul pada tahun 2015, diikuti oleh fase konservasi dan lelang untuk jasa desain interior. Gedung ini memiliki tiga lantai dan akan berfungsi sebagai museum, yang terdiri dari galeri, perpustakaan, dan ruang pertemuan.
 

Hal Menarik di Museum Bank Indonesia Sukakarta

 
Di sini kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melihat mesin cetak uang antik dan arsitektur bangunan, yang berusia lebih dari 100 tahun. Seperti museum, gedung ini juga akan menjadi sarana untuk pendidikan dan akan melengkapi situs wisata sejarah lainnya di Surakarta, Di dalamnya, kamu akan melihat banyak koleksi mata uang yang dikeluarkan oleh De Javasche Bank, seperti seri wayang dari gules Hindia Belanda. Pariwisata di Surakarta memiliki efek berganda yang besar dalam meningkatkan ekonomi daerah. Ada potensi wisata yang menjanjikan di Surakarta, terutama di sisi sejarah dan budaya, Oh ya, eksterior bangunan ini dipulihkan pada tahun 2012. Tiga tahun kemudian, ketika gagasan mengubahnya menjadi museum menjadi resmi, restorasi interior segera dilakukan.
 
Jadi gimana? Tertarik mengujungi Museum Bank Indonesia di Surakarta? Jangan lupa untuk membawa Bakpia Mutiara ke mana pun kamu traveling ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *