6 Wisata di Liwa Lampung Yang Siap Menghipnotismu

Liwa yang merupakan ibu kota Kabupaten Lampung Barat, menawarkan ketenangan dan udara dingin karena dikelilingi oleh pegunungan, bagian dari cluster Bukit Barisan. Terletak 236 kilometer dari Bandar Lampung, Liwa dapat ditempuh dalam waktu 6 jam perjalanan. Harus kamu tahu kalau Liwa terkenal sebagai kota kabut, sebab hampir setiap hari kabut tebal menyelimuti wilayah itu di pagi hari. Selain pemandangan kabut yang luar biasa, kamu dapat menjelajahi peninggalan sejarah dan tempat wisata alamnya. Berikut Bakpia Mutiara Jogja rangkum buat kamu:
 

1. Danau Ranau

 
Danau terbesar kedua di Sumatera, sekitar 125,4 kilometer persegi, terletak di dua kabupaten, yaitu. Lampung Barat dan Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan. Di tepi Danau Ranau, kamu akan melihat Gunung Seminung yang berdiri kokoh, mempercantik pemandangan danau yang dikelilingi perbukitan. Di dekat Kota Liwa, kamu juga dapat menemukan ikan khas Danau Ranau, antara lain adalah harongan dan mujair.
 

2. Perkebunan Kopi

 
Lampung Barat terkenal dengan kopi robustanya. Ada banyak perkebunan kopi yang layak dikunjungi di kawasan ini, misalnya, di Sekicau, Way Tenong, dan Sumber Jaya.
 

3. Fog Hill Bawang Bakung

 
Bukit Bawang Bakung, yang terletak di Pekon Negeri Ratu, adalah tempat yang direkomendasikan untuk menyaksikan pemandangan kabut yang megah yang menyelimuti kota. Maret hingga Agustus, atau selama musim kemarau, adalah waktu terbaik untuk melihat hamparan kabut yang sangat luas memenuhi lanskap.
 

4. Bukit Gemura Talang

 
Kata Gemura dalam bahasa lokal berarti air panas. Ini mengalir dari kawah Gunung Sekicau yang terletak di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Suasana alamnya yang perawan dapat menjadi pilihan bagi wisatawan untuk menikmati.
 

5.Istana Kesultanan Pak Sekala Brak

 
Lampung Barat juga dikenal akan warisan budayanya seperti Istana Kesultanan Paksi Pak Sekala Brak di Batu Brak, Liwa. Kamu dapat mengunjungi pemakaman keturunan kerajaan dan pemandian dengan pemandangan bukit dan rumah tradisional berusia ratusan tahun di Pekon Kenali.
 

6. Situs Megalitik

 
Lampung Barat memiliki banyak situs megalitik, termasuk dua di Desa Purajaya, Kecamatan Sumberjaya. Di sini kamu bisa menikmati perkebunan kopi di Gunung Way Tebu dalam perjalanan menuju lokasi.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *