Kepulauan Mandeh, Wisata Bahari di Sumbar Siap Saingi Raja Ampat

Kepulauan Mandeh, Wisata Bahari di Sumbar Siap Saingi Raja Ampat

Pernahkah kamu membayangkan suatu tempat dengan bentang alam yang menentramkan hati? Berlatar pantai dengan barisan bukit-bukit hijau, atau berbalut awan serta siur angin melambai? Kalau kamu merasakan hal tersebut cobalah datang ke Kepulauan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Destinasi wisata yang siap jadi pesaing Raja Ampat ini baru diresmikan sebagai tempat wisata pada 26 Mei 2016 oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Jangan salah kira, Kepulauan Mandeh digadang-gadang menjadi tujuan prioritas bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Penetapan tersebut juga diperkuat dengan dikeluarkannya surat oleh Pemda setempat setelah rapat koordinasi dengan Arief Yahya, Menteri Pariwisata. Arief juga mengarahkan bahwa Kepulauan Mandeh harus jadi destinasi prioritas.

Sebelumnya, adalah Presiden RI, Joko Widodo yang telah bertandang ke Mandeh dan merasa kagum dengan keindahan Kepulauan Mandeh. Jokowi pun mengusulkan untuk menjadikannya kawasan wisata keluarga. Untuk mendukung hal tersebut, Pemda setempat memasukkan pengembangan Kepulauan Mandeh ke rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) periode 2015-2019.

Karena keindahannya, Kepulauan Mandeh berhasil mendapat juara kedua Anugrah Pesona Indonesia 2016

Kepulauan Mandeh mendapat juara kedua dalam kategori surga tersembunyi terpopuler (most popular hidden paradise) yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata beberapa waktu lalu. Kepulauan Mandeh bersanding dengan Kepulauan Kei yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara, yang berhasil mendapat juara pertama, serta Pulau Maratua di Kabupaten Berau, Kaltim, yang mendapat juara ketiga.

Jadi apa yang menarik di Kepulauan Mandeh?

Ada banyak objek wisata yang bisa kamu disambangi di Kepulauan Mandeh. Meski lebih didominasi wisata bahari, tak membuatmu harus basah-basahan. Kamu bisa duduk melihat megahanya alam Sumatera dari beberapa gazebo yang dibangung. Atau kamu bisa singgah ke Mandeh Resort yang sudah sangat dikenal wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keindahan Kepulauan Mandeh pun membuat investor dari Italia mengembangkan sebuah resor bernama Cubadak Paradiso. Resort tersebut bersatu dengan panorama alam yang membuatmu bisa merasakan sensasi menginap di tengah alam yang berpadu laut lepas. Tentu saja, ini akan menjawab pertanyaan di atas di mana kamu bisa merasakan sensasi seperti di negeri dongeng. Yuk, ke Pulau Mandeh!

Yang pasti tetap ingat ya, kalau jalan-jalan ke Jogja dan cari oleh-oleh khas, bisa langsung meluncur ke Bakpia Mutiara Jogja. Ada lima varian rasa yang bisa kamu icip, yakni rasa keju, cokelat, green tea, kumbu hitam dan kacang hijau. Rasanya dijamin bakal baliki bad mood kamu deh!

(Foto featured dari allindonesiatourism.com)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *