Ini Daftar 7 Wisata Candi di Sleman yang Tutup Sementara - Bakpia Mutiara Jogja

Ini Daftar 7 Wisata Candi di Sleman yang Tutup Sementara

candi sambisari

Sebanyak 7 objek wisata candi di Kabupaten Sleman, DIY, ditutup untuk sementara, yakni Candi Sambisari, Kalasan, Barong, Banyunibo, Gebang, Kedulan, dan Ijo. Sedangkan Candi Prambanan masih bisa dikunjungi wisatawan namun hanya sebatas Zona II atau sekitar taman wisata.

Pihak dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menerangkan, penutupan ini dilaksanakan selama 14 hari dan berlaku bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Penutupan dimulai Senin (16/3) hingga 14 hari ke depan atau 29 Maret 2020. Meski ditutup untuk wisatawan, kegiatan penelitian masih dibuka. Dan pihaknyai telah melakukan koordinasi penutupan 7 candi, dan pihak BPCB sudah menjelaskan bahwa objek
tersebut dilakukan pembatasan kunjungan.

Penutupan ini, sudah sesuai imbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui surat yang ditandatangani Sekjen Kemendikbud. Tujuan utama dari penutupan tersebut tidak lain untuk mencegah penyebaran Covid-19. Seluruh pejabat di lingkungan Kemendikbud bertanggung jawab atas pencegahan dan penanganan Covid-19 di pelayanan unitnya.

Pihak PT TWC juga menjelaskan, per Senin (16/3) pengunjung hanya dapat menikmati keindahan Candi Prambanan dari Zona II yang berada di kawasan Taman Wisata Candi. Beragam fasilitas menarik tetap bisa diakses wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini.

Selama akses menuju candi ditutup, pihaknya memberlakukan harga tiket single pricing. Untuk wisatawan domestik awalnya Rp 50.000 sekarang menjadi Rp 25.000 perorang. Sedangkan wisatawan mancanegara dari 25 dolar AS turun menjadi 15 dolar AS. Sebagai bentuk pencegahan, dilakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh kawasan TWC, meliputi area parkir, gerbang masuk utama, dan fasilitas-fasilitas lain di dalam kawasan seperti toilet, musala dan shelter.

Sedangkan penyemprotan di area candi bekerja sama dengan Balai Konservasi dan Balai Pelestarian Cagar Budaya. Sebagaimana dilakukan di Candi Borobudur, proses penyemprotan bahan khusus ke beberapa bagian bangunan candi dilakukan Tim Balai Konservasi Borobudur (BKB), Senin (16/3). Proses penyemprotan dimulai dari bagian atas bangunan Candi Borobudur, termasuk beberapa stupa yang ada di lantai 10, hingga ke seluruh bagian bangunan candi.