Ekowisata Sungai Mudal Kulon Progo: Surga Kecil Bermain Air di Alam Bebas

Melewati akhir pekan dengan mendekati diri ke alam bebas adalah pilihan yang tepat untuk memulihkan diri. Apalagi di tengah cuaca terik seperti saat ini, bermain air di tengah alam nan asri bisa jadi pilihan healing yang tak gagal bikin mood naik.

Jika kamu sedang berada di Jogja maka aktifitas bermain air di alam bebas sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya di Jogja terdapat beragam tempat bermain air di alam bebas yang bisa kamu jajal, mulai dari embung, air terjun, hingga sungai.

Salah satu sungai yang layak kamu kunjungi jika ingin bermain air dengan nuansa alam yang asri adalah, Ekowisata Sungai Mudal di Kulon Progo.

Yuk, simak ulasan daya tarik, lokasi, rute terbaik, dan jam operasional Ekowisata Sungai Mudal Kulon Progo: surga kecil bermain air di alam bebas berikut ini.

Daya Tarik Ekowisata Sungai Mudal

Asal mula terbentuknya Ekowisata Sungai Mudal sungguh tak terduga. Mulanya, warga bergotong-royong membersihkan saluran air yang terbengkalai. Tak disangka kegiatan bersih-bersih itu berujung ditemukannya aliran sungai sepanjang 600 meter dengan debit air yang deras.

Sumber air tersebut lalu diberi nama Mudal. Alasannya tak lain karena aliran ini selalu memancarkan sumber air sepanjang tahun. Tak peduli sedang musim hujan maupun musim kemarau.

Saat ini Ekowisata Sungai Mudal dilengkapi kolam alami berair jernih, taman bunga yang menawan, jembatan bambu artistik, gazebo-gazebo beratap ijuk hingga area camping ground dengan background tebing batu Gunung Kelir.

Kamu bisa berenang di kolam alami yang jernih. Puas berenang, silakan menelusuri kawasan Ekowisata Sungai Mudal sembari berpose. Kamu bisa berpose di taman atau pun di jembatan bambu yang melintas di atas sungai.

Lokasi Ekowisata Sungai Mudal Kulon Progo

Ekowisata Sungai Mudal beralamat di Dusun Banyunganti, Desa Jati ulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Jogja.

Rute Terbaik Ekowisata Sungai Mudal

Ekowisata Sungai Mudal hanya berjarak 32 kilometer dari pusat Kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Jika berangkat dari Tugu Jogja, teruslah berkendara ke arah barat hingga tiba di kawasan Perbukitan Menoreh.

Ikuti jalan utama di Perbukitan Menoreh hingga tiba di pertigaan, lalu belok kanan arah Pasar Jonggrangan.

Selanjutnya belok kiri di percabangan jalan depan MTSN Jatimulyo. Kamu akan dibawa menuju arah Goa Kiskendo, lalu belok kiri. Dari sini kamu akan menjumpai plang arah ke Sungai Mudal. Silakan ikuti plang yang ada hingga tiba di tempat parkir Ekowisata Sungai Mudal.

Jam Operasional Ekowisata Sungai Mudal

Ekowisata Sungai Mudal buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00.WIB.

Ingin bermain air di alam bebas? Yuk, mampir ke Ekowisata Sungai Mudal di Kulon Progo.