Ada Goa Baru di Gunungkidul. Stalagtit dan stalagmitnya Kece Banget!

Ada Goa Baru di Gunungkidul. Stalagtit dan stalagmitnya Kece Banget!

Bakpia di Jogja – Beberapa waktu lalu, Gunungkidul dihadiahi tempat wisata baru. Ya, setelah banyaknya destinasi wisata di Kabupaten dengan jejeran pantainya itu, ada Goa dengan stalagtit dan stalagmit menawan yang ditemukan di daerah Girisubo. Memang, meski belum dilakukan pengembangan lebih jauh, ke depannya Goa tak bernama tersebut akan dijadikan destinasi wisata baru di Jogja, khusunya Gunungkidul.

“Stalagtit dan stalagmit masih aktif,” ujar Hari Sukmono, selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul yang beberapa waktu lalu mengecek langsung ke lokasi dengan Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Purnomo Sumardamto.

Dinas terkait juga sangat mendukung penemuan Goa menawan tersebut. Setelah dilakukan survey lokasi, ke depannya akan dilakukan pementaan lebih jauh. Termasuk struktur goa dan jalur yang bisa dilewati untuk wisatawan.

“Kami harus melakukan pemetaan lanjutan,” sambung Hari.

Hasil dari pemetaan itu nantinya akan digunakan untuk mengembangkan Goa cantik tersebut karena memang belum ada akses yang cukup untuk masuk ke dalam Goa. Sampai saat ini, belum ada jalur untuk wisatawan yang ingin masuk ke dalam.

“Ini masih perlu penataan terkait amenitas dan aksesnya, rencana ke depan akan jadi wisata baru” ujar Hari.

Lokasi dan asal muasal Goa baru di Gunungkidul

Goa baru ini terletak di Girisubo dan dulunya bekas areal tambang. Kawasan ini pun sempat pernah dieksploitasi untuk diambil posphat-nya. Seiring waktu, kegiatan penambangan tersebut dihentikan agar tidak terjadi kerusakan lingkungan yang berlanjut. Dalam kasus ini, tentu saja pariwisata harus bisa menjadi solusi bagi kehidupan warga. Bisa mengurangi kerusakan lingkungan sekaligus menaikkan taraf hidup warga.

Goa tersebut juga dapat sambutan yang cukup baik dari Menpar Arief Yahya

Menteri Pariwisata, Arief Yahya pun langsung mengingatkan agar pengaturan tempat wisata tersebut dilakukan dengan baik. Harus berpikir panjang dan sustainable. Beri keleluasaan untuk para wisatawan mengeksplorasi kawasan wisata itu. Jangan ada bangunan atau apapun yang justru menutup kekuatan destinasi itu sendiri. Biarkan wisatawan punya banyak angel untuk mengambil gambar foto dan spot untuk melihat suasana di seputar tempat wisata itu.

“Harus diatur dengan baik, agar wisatawan nyaman,” ujar Arief Yahya.

BIla suasana bagus, wisatawan akan banyak memposting di media sosial. Dan itu merupakan promosi yang efektif dan murah, karena dilakulan sendiri oleh netizen.

“Agar berkelanjutan, maka harus ditata yang bagus,” tutupnya

Goa baru di Gunungkidul siap jadi alternatif untuk liburan kamu selama di Jogja. Nah, setelah puas bermain di Jogja, jangan lupa mampir ke Bakpia Mutiara Jogja ya! Biar makin berkesan liburanmu, bawa juga oleh-oleh khas Jogja, Bakpia. So, yuk ke Gunungkidul dan Bakpia Mutiara Jogja!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *