7 Tempat Rafting di Jawa Barat Untuk Wisata Adrenalin - Bakpia Mutiara Jogja

7 Tempat Rafting di Jawa Barat Untuk Wisata Adrenalin

Selain naik gunung, olahraga rafting menjadi salah satu wisata favorit di kalangan wistawan, terutama bagi para wisatawan yang suka tantangan. Di Indonesia, banyak sekali tempat wisata adrenalin yang cocok buat kamu yang memang menyukai tantangan seperti olahraga rafting. Diantara sekian banyak tempat wisata yang ada di Indonesia, Jawa Barat menjadi salah satu tempat yang menyuguhkan banyak sekali tempat wisata adrenalin. Nah, dimana saja tempat-tempat tersebut? Yuk simak ulasannya

Rafting Sungai Cimanuk, Garut

Tempat pertama yang bisa kamu datangi untuk olahraga rafting di Jawa Barat yaitu Sungai Cimanuk, Garut. Selama mengikuti kegiatan olahraga rafting di Sungai Cimanuk ini, kamu akan dibawa melewati persawahan juga perkebunan milik warga. Untuk kamu yang baru pertama kali mencaba arung jeram, sungai Cimanuk ini adalah tempat yang tepat. Yuk ah uji adrenalinmu disini.

Rafting Sungai Cikandang

Akan lebih seru jika olahraga rafting (arung jeram) dilakukan di sungai yang berarus deras. Tempat wisata menantang berikutnya di Jawa Barat yaitu Sungai Cikadang. Jeram-jeram di sungai Cikandang memang sangat menantang karena sungai ini mempunyai kemiringan yang curam. Air di sungai yang mempunyai panjang 28 km ini  tergolong bersih. Sungai yang mempunyai debit air yang hampir tidak pernah terpengaruh oleh musim membuat para pecinta rafting bisa mendatangi sungai ini kapan saja. Untuk menikmati rafting di sungai ini kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp500.000/orang.

Rafting Sungai Citarik, Sukabumi

Selain sungai Cimanuk dan Cikadang, adalagi tempat rafting asik di Jawa Barat, yaitu sungai Citarik Sukabumi. Sungai Citarik ini memiliki medan yang ektrim dan benar-benar menantang. Sungai  Citarik ini memiliki kemiringan yang ekstrim, jeram yang panjang, dan bebatuan  besar. Buat kamu yang ingin menikmati rafting di Sungai yang satu ini kamu cukup membayar Ro350.000 sampai 875.000/orang.

Sungai Citarik cocok banget buat kamu yang sudah berkali-kali atau ahli dalam olahraga rafting ini. Selain bisa merasakan sensasi mengarungi arus sungai Citarik yang deras, kam juga bisa menikmati pemandangan asri nan hijau di sekitar sungai.

Rafting Sungai Citatih, Sukabumi

Selain sungai Citarik, Sukabumi juga punya wiasta rafting lainnya yang berada di sunga Citatih. Sungai Citatih ini merupakan salah satu primadona dikalangan para pencinta olahraga rafting. Sungai Citatih ini mempunyai ukuran lebih dalam dan lebih lebar dibanding sungai Citarik. Sungai ini juga memiliki debit yang stabil dan dengan jeram yang cukup menantang. Panjangnya yang mencapai 22 km dan jumlah jeram 20 pastinya akan membuat adrenalinmu terpacu dhasyat. Pasti sangat mengasikan. Harga yang ditawarkan untuk rafting di sungai ini mulai dari Rp275.000an.

Rafting Sungai Palayangan dan sungai Pengalengan

Tempat rafting selanjutnya yaitu di sungai Palayangan. Sungai yang satu ini memiliki tipe sungai yang berbeda dari sungai-sungai lainnya. Sungai kece ini  menggabungkan antara rafting dengan  danau. Sangat menarik untuk disambangi diakhir pekan.

Biasanya setiap sungai memiliki debit air yang sangat bergantung pada musim, jika musim kemarau debit air akan sedikit mengecil, jika musim hujan debit air akan memebsar. Tapi tidak untuk sungai yang satu ini. Untuk mengunjungi sungai yang satu ini kamu tak perlu menunggu musim yang pas, karena sungai kece ini tidak terpengaruh musim dan debitnya relatif stabil, jadi kamu bisa berarung jeram disini kapanpun kamu mau. Untuk menikmati rafting di sungai  Palayang ini dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Selain sungai Palalayang, ada juga sungai Pangalengan yang memiliki debit air yang sangat cocok untuk berarung jeram. Untuk bisa berarung jeram disungai-sungai kece ini, kamu akan dikenakan biaya mulai dari Rp150.000  sampai Rp 875.000 per orang.

Rafting Sungai Cikundul, Cianjur

Tempat rafting recommended di Jawa Barat yang juga bisa kamu sambangi yaitu rafting di sungai Cikundul. Sungai ini berada 7 km dari pusat kota Cianjur.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi tempat ini terutama bagi para pecinta rafting, sungai ini memiliki arus yang bisa membuat adrenalin kamu terpacu kencang, dirambah dengan beebrapa jeramnya yang menantang. Buat kamu yang ngaku pecinta rafting, wajib banget deh kesini. Untuk menikamti rafting disini, kamu harus mengeluarkan biaya mulai dari 250.000 sampai 650.000 per orang

Kelebihan lainnya ayng dimiliki sungai cantik yang satu ini yaitu hawanya yang sangat sejuk, hingga mampu membius segala penat yang mendera tubuhmu. Hal menarik lainnya ang bisa kamu nikmati di tempat ini selai rafting yaitu, motor off-road, Danau Jangari, waduk Cirata, dan wisata Religi Dalem Cikundul.

Rafting Sungai Cisadane

Bogor juga tidak mau ketinggalan nih, ada Sungai Cisadane yang juga cocok untuk kegiatan rafting atau arung jeram. Sungai ini cocok ini untuk kamu para arung jerang pemula karena karakteristik sungainya di sungai ini  tidek terlalu deras dan jeram-jeram pun cukup landai. Untuk mencoba  rafting di sungai yang satu ini kamu akan dikenakan biaya Rp225.000/orang.

Selain itu, ada juga Sungai Kalibaru, tepatnya di daerah Sukaraja, Cimahpar, Bogor. Rafting disini dijamin tidak akan membosankan. Jadi setelah puas merasakan sensasi arung jeram di sungai Cisadane, kamu bisa lanjut ke sungai Kalibiru. Istilahnya sekali mendayung dua sampai tiga pulau terlampaui.

Nah, untuk kamu yang ingin rafting di sungai Kalibiru ini kamu dikenakan biaya Rp225.000/orang/ Sehingga rafting di sungai kalibaru bogor sangat cocok untuk family ataupun pemula. Paket rafting di Kalibaru dihargai 225.000/orang.

Gimana para pecinta rafting, diantara sejumlah wisata rafting yang sudah disebutkan diatas, sungai mana nih yang udah pernah kamu sambangi di Jawa Barat? Oke deh, sudah dulu ya ulasannya. Semoga bermanfaat. Dan selamat berarung jeram. Tetap semangat ya.