5 Museum di Indonesia Paling Terkenal dan Keren - Bakpia Mutiara Jogja

5 Museum di Indonesia Paling Terkenal dan Keren

Saat liburan tiba, banyak orang menghabiskan waktu dengan jalan-jalan atau pergi ke Mall. Biasanya, kalau jalan-jalan, destinasi yang paling diburu wisatawan adalah spot-spot yang bernuansa alam atau wahana bermain. Ya, sebab di tempat-tempat yang demikian itu semacam terapi untuk menghilangkan stress. selain tempat-tempat wisata yang demikian, pusat perbelanjaan juga menjadi destinasi paling diburu saat liburan tiba khususnya bagi kaum perempuan. Ya, bagi sebagian kaum perempuan, pusat-pusat perbelanjaan juga mampu mengobati galau dan stress yang kerap datang menyerang. Namun, pernahkah kamu berpikir menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi museum-museum?

Ya, wisata museum memang kurang terlalu diminati orang karena cenderung membosankan. Padahal, dengan mengunjungi museum-museum kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Dengan mengunjungi museum, kita lebih bisa menghargai sejarah, budaya, dan kondisi Indonesia. Sesekali, cobalah untuk liburan ke museum-museum. Jangan cuma bisanya pergi ke pusat perbelanjaan aja, ah. Percaya deh, banyak hal edukatif dan bermakna yang bisa kamu temukan dengan mengunjungi museum.

Museum adalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan sejarah, seni, dan ilmu. Museum Indonesia sudah ada sejak 130 tahun lalu, tapatnya tahun 1602 didirikan oleh pemerintah Hindia-Belanda dan berlokasi di Jakarta. Seiring berkembangnya jaman, museum tersebut kini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh setiap pelajar di Indonesia.

Nah, mau tahu museum-museum unik dan menakjubkan apa saja yang ada di Indonesia? Harus mau dong. Hihi.. nggak usah lama-lama ya. Berikut ini ulasannya. Yuk ah simak.

Museum Tsunami Aceh –Banda Aceh

Museum Tsunami Aceh yang terletak di Banda Aceh ini sudah dibuka sejak tahun 2009. Di museum inilah tersimpan rekaman sejarah baik foto, kisah dan video mengenai tsunami dasyat yang meluluh lantakan Aceh di tahun 2004 silam.

Soal bangunannya, museum tsunami Aceh memiliki 4 lantai dengan luas 2500 meter persegi. Desain museumnya adalah gabungan rumah adat Aceh yang bertipe panggung dengan konsep escape building hill yang berupa bukit untuk evakuasi bencana tsunami. Memasuki bagian dalam museum tsunami Aceh, para wisatawan bakal berjalan-jalan melewati lorong sempit dan gelap diantara dua dinding air yang tinggi. Dinding museum dihiasi orang-orang menari saman. Dan kalau dilihat dari atas, atapnya membentuk gelombang laut. Dan yang unik lagi, ada lagi satu ruangan yang  diatasnya bertulisakan lafadz Allah. Ini menggambarkan antara manusia dengan Tuhan. Arsitek museum Tsunai Aceh adalah Ridwan Kamil yang mana kala itu masih sebagai dosen arsitektur dari Institut Teknologi Bandung.

Museum Affandi -Yogyakarta

Museum Affandi ini berada di Yogyakarta, tepatnya di jalan Laksda Adi Sucipto no. 167. Museum Affandi ini merupakan rumah dari Affandi Kusujma, yaitu seorang maestro seni lukis Indonesia yang lahir pada tahun 1907 dan meninggal tahun 1990. Affandi sendiri lah yang merancang rumahnya dimana dia berniat menajdikan rumahnya sebagai museum untuk menyimpan karya-karyanya. Dan terdapat beberapa bangunan di dalam sana, yakni 4 galeri lukisan, perpustakaan, kolam renang, dan studio gajah wong yang dijadikan sebagai sanggar melukis bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Apa kerennya bangunan museum Affandi? Banyak hal-hal keren yang ada di museum Affandi. Lihatlah atapnya yang menyerupai pelepah daun pisang, daun pisang adalah simbol untuk berlindung dari panas dan hujan. Museum Affandi pun cukup teduh dan sejuk.

Museum Fauna Indonesia –Jakarta

Siapa bilang Jakarta tidak punya museum dengan bangunan yang keren, datanglah ke Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. Disana, kamu bisa menemukan museum fauna Indonesia Komodo dan taman reptilia.   Sesuai dengan namanya, bangunan museum ini dibuat menyerupai komodo. Museum Fauna Komodo dan Taman Reptilia diresmikan pada tanggal 20 April 1978 oleh Prisiden Soeharto.

Bangunan museum ini memiliki ukuran panjang 72 meter, lebar 25 meter dan tingginya adalah 19, 25 meter. Lebih dari 43 jenis satwa reptil dan amfhibia ada di dalam Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia atau lebih dikenal dengan nama Museum Komodo. Beberapa aneka satwa reptilia yang bisa kamu lihat di Museum ini, yaitu ular sanca, buaya, iguana, dan binatang lainnya yang berada di kotak kaca.

Museum 10 November – Surabaya

Kamu tahu museum Louvre di Paris yang berbentuk limas seperti piramida? Jangan salah, Surabaya juga mempunyai Museum seperti itu yang bernama museum 10 November di dalam kompleks lapangan Tugu Pahlawan. Didirikan sejak tahun 2000, bentuk bangunannya yang seperti piramida memang bikin wisatawan penasaran. Memasuki bagian dalam museum, kamu bakal melihat perjuangan bangsa Indonesia khususnya bangsa Surabaya dalam mengusir penjajah. Di dalam museumnya, juga dapat sering diputar pidato-pidato bung Tomo yang berapi-api dengan kalimat yang paling terkenal “Merdeka atau Mati!”

Museum Gunung Merapi -Yogyakarta

Museum Gunung Merapi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta atau sekitar 5 KM dari objek wisata Kaliurang mempunyai bentuk yang unik dan keren. Museum Gunung Merapi ini dibuka untuk umum sejak tahun 2009 silam. Museum yang berada di kaki gunung merapi ini berisi ilmu pengetahuan tentang gunung merapi, peta lokasi gunung berapi di seluruh dunia. Dan cara penggunaan sesmograf, sensor gempa, kamera, komputer analisa, dan alat-alat lainnya yang digunakan oleh para ahli untuk meneliti gunung berapi dan lainnya. Ada juga area pameran benda peninggalan korban letusan gunung Merapi, seperti kuali, piring, gelas, bahkan kerangka motor. Liburanpun akan jadi lebih cerdas.

Itulah jajaran museum yang memiliki desain menakjubkan di Indonesia dari Bakpia Mutiara Jogja. Semoga informasi ini bermanfaat ya.. 🙂