5 Jenis Soto yang Pas Banget Disantap Saat Berbuka Puasa

5 Jenis Soto yang Pas Banget Disantap Saat Berbuka Puasa

Tak bisa ditolak, bahwa wisata kuliner menjadi salah satu kekayaan Indonesia. Bahkan, hampir di setiap daerah pasti memiliki kuliner khasnya. Dan salah satu kuliner yang hampir ada di setiap daerah dan sangat pas disantap saat berbuka puasa adalah soto.  Soto, makanan yang memiliki kuah dengan bermacam isian dan taburan bawang goreng atau daun bawang ini memang selalu disajikan berbeda di setiap daerah. Bukan cuma isinya saja, kuahnya pun juga berbeda.

Nah, biar kamu nggak bingung, Bakpia Mutiara Jogja rangkum 5 jenis soto yang memiliki perbedaan dari isi dan kuahnya untuk kamu yang ingin berbuka puasa.

1. Soto Madura

Soto Madura memiliki kuah yang berwarna keruh, meski tidak menggunakan kuah santan. Kuah Soto Madura memiliki warna keruh karena bumbunya yang memakai kemiri. Sebagai isian, umumnya daging ayam disuwir, lalu ditambahkan tauge dan kentang rebus yang sebelumnya sudah diiris tipis. Agar rasanya makin kuat, ada tambahan bawang putih dan bawang merah goreng, juga perasan jeruk nipis.

2. Soto Branggahan

Soto Branggahan merupakan salah satu ragam kuliner di Kediri. Soto ini berkuah agak kental karena menggunakan santan kelapa. Kuah dari santan dipadukan dengan bahan rempah seperti laos, kemiri, jahe, dan kunyit, sehingga menghasilkan rasa gurih dan berwarna kuning. Baca juga: Tampil Beda, Ini Soto Iga Goreng Bawang Keprabon Daging yang digunakan sebagai isian adalah daging ayam kampung. Daging disuwir dengan taburan daun seledri dan tambahan kecambah. Biasanya, soto ini disajikan dengan menggunakan mangkuk kecil mirip cawan.

3. Soto Bandung

Kuah Soto Bandung memiliki warna bening. Penyajiannya, dilengkapi dengan irisan lobak dan kacang kedelai sebagai taburannya. Bagi pecinta pedas, menikmati Soro Bandung tak lengkap jika tak disertai sambal.

4. Soto Tauto Pekalongan

Soto Tauto merupakan kuliner khas Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Disajikan dengan bihun, potongan kol, dan tauge yang diberi kuah dengan bumbu tauco. Bumbu tauco ini bisa dituangkan secara terpisah atau dicampurkan langsung pada kuah hangatnya. Variannya, ada Soto Tauto Ayam dan Sapi.

5. Soto Kudus

Soto Kudus berkuah bening dan biasanya disajikan dengan mangkuk berukuran kecil Isian Soto Kudus adalah daging ayam, kecambah, dan biasanya diberi taburan bawang putih goreng untuk membuat rasanya semakin gurih.

Gimana? Sudah memutuskan menyantap jenis soto yang mana?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat