5 Jenis Kuliner Magelang Cocok Untuk Berbuka Puasa

5 Jenis Kuliner Magelang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Bukan cuma tempat wisata dan situs sejarah aja, Magelang juga memiliki wisata kuliner yang terkenal lezat dan harga bersahabat. Bahkan, beberapa kuliner khas Magelang dijual di kota-kota besar Indonesia. Meski demikian, rasa yang lebih autentik tentu ada di daerah asalnya bukan? So, di bawah ini adalah 5 makanan khas Magelang yang cocok untuk berbuka puasa dari Bakpia Mutiara Jogja.

1. Kupat tahu

Salah satu outlet kupat tahu terkenal yang ada di Magelang bernama Tahu Pojok Magelang. Lokasi tepatnya ada di alan Tentara Pelajar Nomor 14, Kota Magelang, Jawa Tengah. Sekitar 30 meter sebelum Alun-alun Magelang. Tahu Pojok Magelang sudah ada sejak 1942 dan masih hingga kini masih mempertahankan resepnya. Makanan ini sekilas persis seperti ketoprak dari Jakarta. Tapi ada bedanya, yakni ada tauge, kol, seledri, dan kuah kacang.

2. Mangut Beong

Beong merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran besar dan hidup di Sungai Progo. Populasi kian menurun dan harganya mengalami kenaikan. Salah satu warung makan yang masih menyajikan hidangan Mangut Beong adalah Warung Sehati Selera Pedas di Desa Kembanglimus. Sekitar 4 kilometer sebelah barat Candi Borobudur. Rasa Mangut Beong di Warung Sehati Selera Pedas terkenal dengan bumbu medok dan rasa yang pedas. Ada urap ndeso, kol, timun, dan parutan kelapa untuk menetralisir rasa pedas mangut di lidah.

3. Sop Senerek

Sop senerek merupakan sop kaldu bening berisi nasi, kacang merah, bayam, worterl, dan irisan daging. Rasanya mirip dengan hidangan rumahan, cocok disantap dengan berbagai lauk yang disaikan. Ada banyak penjual sop senerek di Magelang, yang terkenal adalah warung makan milik Pak Parto di Jalan Jendral Sudirman. Ada pula gerai Bu Atmo di Jalan Mangkubumi Nomor 3.

4. Segi Godhog

Segi godhog merupakan nasi rebus khas Magelang. Hidangan ini merupakan varian dari menu yang ditawarkan oleh pedagang nasi goreng di daerah Magelang. Pesanlah sego godhog, maka akan hadir nasi dengan kuah warna cokelat bercita rasa manis dengan aneka isian sayur, daging, serta sedikit mie.

5. Wedang kacang

Wedang kacang umumnya dijual malam hari, cocok siantap dengan iklim daerah Magelang yang sejuk. Terbuat dari kacang tanah, gula jawa, gula pasir, ketan, dan umumnya disajikan dengan sate pisang. Cita rasa manis dan gurih membuat sajian ini disukai banyak orang. Salah satu warung yang menjual wedang kacang adalah Wedang Kacang Kebon di Jalan Pajang, Desa Semplon, Kelurahan Kemirirejo.

Jadi, dari kelima kuliner Magelang di atas, mana yang ingin kamu coba?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat