3 Lokasi Terbaik Menikmati Gerhana Bulan Total Pada 28 Juli Ini - Bakpia Mutiara Jogja

3 Lokasi Terbaik Menikmati Gerhana Bulan Total Pada 28 Juli Ini

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan bahwa fenomena gerhana bulan total yang akan terjadi pada 28 Juli bisa disaksikan di setiap wilayah di Indonesia dari beberapa lokasi. Diperkirakan akan terjadi pada 01:24 hingga 05:19. Gerhana bulan dapat dilihat di mana-mana, seperti kita melihat bulan purnama biasa. Gerhana bulan yang akan memiliki fase terpanjang ini dapat dilihat dengan mata telanjang selama cuaca cerah. Setidaknya, ada tiga lokasi yang menarik untuk menyaksikan gerhana khusus ini di mana jalur bulan berada di titik terjauhnya.

1. Di lima kantor LAPAN di Indonesia

Lapan mengatakan setidaknya ada enam kantor LAPAN yang akan dibuka selama gerhana bulan. Kantor dibuka khusus untuk pengunjung yang ingin menyaksikan fenomena alam ini secara bersama di Indonesia. Yang pertama di Pasuruan, Jawa Timur, di mana ada 23 teleskop untuk mengamati gerhana bulan. Kota-kota lain termasuk Pontianak, Garut, Bukittinggi, dan Sumedang. Djamaluddin mengatakan, biasanya kantor LAPAN akan dikunjungi oleh anggota komunitas astronomi atau masyarakat umum.

2. Planetarium

Selain kantor LAPAN, kami merekomendasikanmu datang ke planetarium untuk menyaksikan fenomena tersebut. Pada titik pandang khusus ini, kamu bisa melihat proses gerhana bulan total secara rinci menggunakan teleskop. Namun, kamu harus bersabar karena alat ini akan digunakan secara bergantian. Planetarium yang bisa dikunjungi adalah Taman Ismail Marzuki Jakarta.

3. Teras Rumah

Kalau kamu terlalu malas untuk bepergian, kamu juga bisa melihat gerhana bulan total dari teras rumah. Fase gerhana total dapat disaksikan dari pukul 02:30 hingga 04:13. Kamu bisa menontonnya sambil minum teh dan bersantai bersama keluarga dengan cemilan dari Bakpia Mutiara Jogja 🙂