Wisata Gumuk Pasir Yogyakarta

gumuk pasir yogyakarta

Wisata Gumuk Pasir Yogyakarta

Wisata Gumuk Pasir Yogyakarta, wisata ini merupakan salah satu fenomena alam yang langka dan satu-satunya di Asia Tenggara. Gumuk pasir ini berupa bukit atau gundukan-gundukan pasir yang menyerupai padang gurun yang terdapat di Timur Tengah. Pasir-pasir di Gumuk Pasir ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa arus Kali Opak dan Kali Progo. Awalnya tak ada yang menarik pada bukit pasir ini, namun setelah dilakukan berbagai penelitian Gumuk Pasir ini merupakan salah satu Warisan Dunia.

Gumuk Pasir ini sendi terletak di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, tepatnya berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Terkenal dengan padang pasirnya Yogyakarta tentu saja dijadikan objek yang indah bagi para fotografer, tak jarang juga digunakan untuk manasik haji sebagai contoh keadaan padang pasir di Mekkah. Selain itu Gumuk Pasir ini juga dijadikan Wisata SKI Pasir, pengunjung dapat meluncur dengan ketinggian 20 meter serta sepanjang 200 meter.

Namun, Gumuk Pasir ini memiliki suhu yang Exstrim, yaitu saat siang hari suhunya sangat panas dan terik tetapi saat malam hari suhunya berubah menjadi sangat dingin. Bagi yang ingin tau info lebih lanjutnya tentang fenomena Gumuk Pasir Parangtritis ini bisa juga mengunjungi Laboratorium Geosposial Pesisir Parangtritis yang lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Gumuk Pasir ini, disana para pengunjung akan dijelaskan lebih lanjut tentang fenomena Gumuk Pasir ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *