Wisata Candi Selogriyo Magelang

candi selogriyo

Wisata Candi Selogriyo Magelang

Wisata Candi Selogriyo Magelang, sebuah peninggalan purbakala yang terletak di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Diperkirakan Candi ini dibangun pada abad ke 9 M saat masa Kerajaan Mataram Kuno. Lokasi tepat Candi ini berada di lereng timur kumpulan tiga bukit, yaitu Bukit Condong, Giyanti, dan Malang, dengan ketinggian sekitar 740 mdpl dan secara administratif, Candi Selogriyo ini berada di Desa Candisari, Windusari, Magelang.

Yang menarik di Wisata Candi Selogriyo ini hanya dapat ditempuh dengan jalan setapak dari pemukiman warga setempat. Bahkan akses satu-satunya hanyalah dengan kontur tanah berbatu sepanjang kurang lebih 2 kilometer. Hal ini tentu sangat cocok bagi yang suka berpetualang menjelajah alam sambil menikmati suasana pedesaan.

Tak kalah uniknya, terdapat sebuah sumber mata air pancuran yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membuat awet muda. Jaraknya sekitar 10 meter dari lokasi Wisata Candi Selogriyo, menurut sesepuh warga setempat Candi ini diyakini sebagai tempat bersemayamnya para Dewa ditempat tinggi.

Pemandangan dan panorama alam di sekitar Wisata Candi Selogriyo ini sangatlah indah dan mempesona. Suasana yang masih sejuk dan asli menambah keasrian dan keindahan lokasi Candi ini. Ditambah dengan letaknya yang di Kaki Gun ung menjadikan siuapa saja yang berkunjung ke kawasan objek Wisata Candi Selogriyo ini akan betah berlama-lama disini.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *