Wisata Candi Prambanan

candi prambanan

Wisata Candi Prambanan

Wisata Candi Prambanan, candi ini sering disebut juga Candi Rorojonggrang yang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke 9 Masehi. Komplek Candi Prambanan ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten. Sangat unik karena candinya yang terletak di kawasan Prambanan, Sleman sedangkan pintu masuk candi ini terletak di kawasan Prambanan, Klaten.

Selain itu  Candi Prambanan ini termasuk situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Prambanan Hindu adalah Candi Hindu terbesar di Indonesia serta sekaligus salah satu candi Terindah di Asia Tenggara. Seperti candi Hindu pada umumnya, bangunan Candi Prambanan  ini berbentuk tinggi dan ramping dengan candi Siwa sebagai candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di antara komplek candi-candi yang lebih kecil.

Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi ini tentu saja menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia. Selain Candi Prambanan terdapat candi lainya yang berada pada satu kawasan komplek candi Prambanan, yaitu Candi Lumbung, Candi Bubrah dan Candi Sewu di sebelah utaranya.

Candi Prambanan ini jugalah yang digunakan oleh warga Hindu dari Provinsi jawa Tengah dan Yogyakarta setiap tahunya untuk menggelar Upacara Hari Suci Nyepi. Selain hanya menikmati indah nya Candi, wisatawan juga dapat bermain di Taman dan melihat salah satu hewaan Rusa (Kijang) yang dibudidayakan di area sebelah timur candi ini. Wisatawan juga bisa berke;liling hingga ke candi paling utara yaitu Candi Sewu dengan menyewa sepeda atau dengan menaiki kereta mini. Setelah puas dengan berwisata jangan lupa mampir ke Pasar yang ada di dalam komplek Candi seiring dengan jalan pintu keluar Candi. Berbagai akseroris, pernak pernik unik, pakaian, topi, kacamata hingga makanan oleh-oleh khas jogja di jual disana.

Tepat di sebelah barat Candi ini tepatnya di seberang kali Opak, di bangun komplek panggung dan gedung sendratari Ramayana yang tentunya berlatar belakang candi Prambanan yang disoroti cahaya lampu sehingga akan nampak lebih indah dan megah jika kita saksikan saat berlangsungnya pertunjukan Sendratari Ramayana.

Jika anda berkunjung ke Candi Prambanan anda juga dapat memilih Paket wisata ke Candi Prambanan + Ratu Boko. Dengan menaiki Mini Bis yang telah di sediakan oleh pengelola. Jadi pengunjung yang mengambil paket ini mesti ke keraton Ratu boko dulu baru ke candi yang berjarak 3 kilometer dari candi Prambanan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *