Mulai 1 Desember, Masuk ke Bromo Bisa Pesan Tiket Secara Online - Bakpia Mutiara Jogja

Mulai 1 Desember, Masuk ke Bromo Bisa Pesan Tiket Secara Online

Badan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menerapkan sistem pemesanan online mulai 1 Desember untuk pengunjung yang menggunakan layanan yang disediakan oleh agen perjalanan, operator tur, dan EO.

Sementara itu wisatawan domestik dan asing yang mengunjungi tujuan tanpa menggunakan layanan online, baik sendiri atau dalam kelompok, dapat memilih untuk memesan tiket secara manual di konter jika mereka tiba antara 07:30 dan 16:00..

Pihak Pengurus Gunung Semeru mengatakan bahwa kebijakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan transparansi, meningkatkan layanan bagi pengunjung dan mengoptimalkan manajemen taman nasional dalam upaya mempertahankan kawasan konservasi. Setelah masa percobaan, kebijakan akan diterapkan secara permanen dalam waktu dekat.

Tiket Masuk Gunung Bromo Terbaru

Biaya masuk taman nasional adalah Rp 29.000 dan Rp 220.000 untuk wisatawan asing pada hari kerja, dan Rp 34.000 dan Rp 320.000 untuk weekend. Seorang pemilik bisnis wisata di Bromo mengatakan bahwa ia mendukung kebijakan tersebut, namun, ia mendesak agen untuk meningkatkan upaya promosinya. Selain penerapan yang transparan, pihaknya juga meminta manajemen untuk meningkatkan layanan dan tingkat kompetensi karyawannya. Meningkatkan fasilitas yang tersedia juga sangat penting, seperti jumlah dan kebersihan toilet.