Kuliner Run 2019 Akan Diadakan di Yogyakarta. Catat Tanggalnya Yuk! - Bakpia Mutiara Jogja

Kuliner Run 2019 Akan Diadakan di Yogyakarta. Catat Tanggalnya Yuk!

Malioboro akan kembali menjadi tuan rumah Kuliner Run 2019 yang digagas oleh PT Hotel Indonesia Natour (HIN) pada hari Minggu, 7 April. Acara ini adalah pertandingan lari yang digabungkan dengan festival kuliner dari berbagai masakan. Total peserta pertandingan lari hampir mencapai 1.500 orang.
 
Pihak panitia menjelaskan garis awal dan akhir pertandingan ditetapkan di Hotel Inna Garuda Malioboro, Yogyakarta. Kompetisi dibagi menjadi tiga kategori; 2.5K (2.500 meter), 5K (5.000 meter), dan 10K (10.000 meter). Setelah kompetisi, peserta dapat menikmati berbagai makanan khas daerah yang disediakan di depan hotel hingga pinggir jalan Malioboro, seperti clorot (adonan tepung beras ketan yang dimaniskan dengan gula kelapa yang diisi dengan daun kelapa berbentuk kerucut) dan snack gatot kenyal dan tiwul terbuat dari singkong.
 
Panitia acara tersebut meminta pedagang di desa-desa Yogyakarta untuk memeriahkan dan membuka penjualan di acara ini. Gerai penyewa gratis untuk usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Selainitu, setiap peserta yang berjalan akan mendapatkan voucher untuk ditukar dengan makanan di festival.
 
Menyusul acara sebelumnya pada November tahun lalu, panitia Kuliner Run mengatakan acara ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata sekaligus meningkatkan kearifan lokal dalam kuliner dan seni Yogyakarta. Agenda serupa juga direncanakan akan diadakan di Medan, Padang, Surabaya, dan Bali.
 
Panitia KulineRun akan memberikan hadiah dalam bentuk uang tunai sebesar Rp50 juta. Orang yang ingin bergabung dengan pertandingan lari diharuskan membayar biaya pendaftaran Rp125.000 untuk kategori 2.5K, Rp150.000 untuk kategori 5K, dan Rp175.000 untuk kategori 10K. Peserta juga akan mendapatkan kaos, medali, sertifikat elektronik, dan chip nomor BIB.