Indonesia Masuk Negara Teraman Untuk Solo Traveler - Bakpia Mutiara Jogja

Indonesia Masuk Negara Teraman Untuk Solo Traveler

Para wisatawan, baik lokal maupun asing, mungkin tidak memiliki alasan lain untuk tidak melakukan perjalanan ke Indonesia karena negeri ini berada di peringkat kesembilan di dunia untuk keamanannya. Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, ada sebuah perjanjian yang mencatat beberapa poin kemitraan terkait dengan sektor pariwisata, seperti pertukaran data dan informasi, keamanan dan penegakan hukum, dan pengembangan sumber daya manusia lintas lembaga. Selain itu, ada empat sektor dalam perjanjian tersebut yaitu Energi dan Sumber Daya Mineral, keuangan, nuklir, dan pariwisata sebagai sektor utama di masa depan.
 
Arief Yahya selaku kepala Kemenpar memuji prestasi polisi dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan di Indonesia. Terbukti dari data pada Law and Order Report Gallup 2018 yang menyatakan bahwa Indonesia mengumpulkan 89 skor dan berada di peringkat kesembilan sebagai negara dengan tingkat ketertiban dan hukum tertinggi tepat di atas Denmark dan di bawah Kanada. Singapura dengan skor 97 adalah yang tertinggi, diikuti oleh Norwegia, Islandia, dan Finlandia (seluruhnya 93).
 
Lebih lanjut, dalam laporan tentang Indeks Women Solo Travelers yang dikeluarkan oleh situs web perjalanan Inggris Ampersand Travel, Indonesia ditempatkan di posisi kelima (setelah Jepang, Prancis, Spanyol, AS) sebagai negara teraman untuk perjalanan solo bagi wanita. Indonesia memiliki potensi besar di sektor pariwisata, terutama tujuan ekowisata dan destinasi penyelaman terbaik dunia. Sektor pariwisata memerlukan jaminan keamanan di mana polisi memainkan perannya.
 
“Saya bersyukur bahwa Indonesia adalah negara teraman kesembilan di dunia. Polisi Nasional juga memiliki unsur khusus yang disebut Polisi Pariwisata; Saya menggarisbawahi bahwa Kepala Kepolisian Daerah diizinkan untuk menjadi kreatif berdasarkan kearifan lokal di daerah masing-masing,” ujar Arief Yahya.