Festival Pesona Tambora 2019 Akan Segera Dimulai. Catat Tanggalnya Yuk! - Bakpia Mutiara Jogja

Festival Pesona Tambora 2019 Akan Segera Dimulai. Catat Tanggalnya Yuk!

Festival Pesona Tambora (FPT) akan kembali digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada bulan April. Acara utama festival yang akan berlangsung pada 11 April akan diadakan di sabana Doro Ncanga di kaki Gunung Tambora di Kabupaten Dompu, NTB. Kegiatan yang dijadwalkan pada 1 April dan berakhir pada 11 April, akan menampilkan 27 tempat wisata yang akan diadakan di lima kabupaten dan kota di pulau Sumbawa.

 
Festival ini terdaftar dalam kalender acara Pariwisata NTB 2019, serta agenda 100 Wonderful Indonesia 2019. Festival tahun ini akan menjadi tahun kelima setelah peresmiannya pada tahun 2015 yang memperingati 200 tahun sejak letusan Gunung Tambora yang terjadi di April 1815. Festival Tambora diresmikan oleh Presiden Joko Widodo untuk pertama kalinya pada tahun 2015 dengan tagline ‘Tambora menyapa dunia’, tetapi ‘Dunia menyapa Tambora’ akan menjadi tagline tahun ini, FPT 2019 akan diluncurkan di Jakarta pada akhir Maret.
 

Hal seru apa yang bisa kamu lihat di Festival ini?

 
Di antara kegiatan yang tercantum dalam agenda FPT adalah Semalam Dalam Loka, yang akan diadakan di Kabupaten Sumbawa pada tanggal 2 dan 3 April. Ini adalah acara budaya yang diadakan untuk mempromosikan pariwisata budaya, khususnya di lokasi sebuah istana milik mantan Sultan Sumbawa. Juga akan ada festival Mantar di Kabupaten Sumbawa Barat pada 5 dan 6 April. Mantar adalah tempat yang sering dijuluki desa di atas awan, bertengger di ketinggian 690 meter di atas permukaan laut.
 
Ada juga Festival Lawata pada 6 hingga 8 April, menampilkan kota Pantai Lawata Bima di mana para nelayan akan mendekorasi perahu mereka untuk sebuah kontes. Sementara itu, pada 7 hingga 11 April, kamu yang suka trekking dapat bergabung dengan Teka Tambora, sebuah acara trekking melalui trek Kawinda toi, mulai dari kota Bima. Acara ini mencakup kegiatan seperti Educamp (perkemahan pendidikan) tentang pendakian gunung dan pariwisata, pameran ekonomi kreatif dan promosi kopi Tambora.
 
Jadi, kamu yang kebetulan akan pergi ke NTB, jangan lupa mampir dalam rangkaian festival seru di atas ya Sahabat Mutiara 🙂