3 Jenis Keju yang Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Keju adalah produk susu dengan ratusan tekstur dan rasa yang berbeda. Itu dibuat dengan menambahkan asam atau bakteri ke dalam susu, kemudian diolah menjadi keju. Karena banyak jenisnya, ada beberapa keju yang diklaim lebih sehat antara lain:

1. Keju mozzarella

Keju mozzarella adalah salah satu keju yang paling umum di Indonesia dan menjadi favorit banyak orang. Mozzarella memiliki tekstur lembut, berwarna putih, dan memiliki kadar air yang tinggi. Mozzarella mengandung sodium dan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan jenis keju lainnya. Setiap 30 gram mozzarella memiliki sekitar 85 kalori dan 7 persen dari asupan natrium harian yang dibutuhkan. Mozzarella juga mengandung bakteri yang bertindak sebagai probiotik dan dapat membantu meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan imunitas, dan peradangan dalam tubuh. Anda dapat menambahkan mozzarella ini ke salad favorit Anda, tumis sayuran atau irisan roti.

2. Keju biru

Yang berikutnya adalah keju biru yang terbuat dari sapi, domba atau susu kambing. Keju ini berwarna putih dengan bintik-bintik biru atau abu-abu di atasnya. Keju biru memiliki lebih banyak kalsium daripada jenis keju lainnya. Sekitar 30 gram keju memiliki 33 persen asupan kalsium harian untuk tubuh Anda. Dengan demikian, menambahkan keju biru ke dalam diet dapat membantu mencegah masalah tulang.

3. Keju feta

Akhirnya, ada keju feta lembut dari Yunani. Biasanya terbuat dari susu kambing atau domba yang memberi ciri khas rasa tajam. Keju feta direndam dalam air asin untuk menjaga kesegarannya, sehingga dapat menghasilkan natrium yang tinggi. Namun, keju ini memiliki kalori terendah dibandingkan keju lainnya. Keju Feta memiliki asam linoleat terkonjugasi, yang berfungsi untuk mengurangi lemak dan dapat meningkatkan BMI (Indeks Massa Tubuh). Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi 3,2 gram asam linoleat terkonjugasi per hari selama 6 bulan dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan mencegah penambahan berat badan.

Kalau kamu adalah salah satu penyuka keju, kamu bisa coba icip Bakpia Mutiara Jogja rasa keju. Kamu bisa melihat produk bakpia varian keju DI SINI.