8 Cara Perawatan Celana Jeans Untuk Kamu yang Belum Tahu

8 Cara Perawatan Celana Jeans Untuk Kamu yang Belum Tahu

Merawat jeans itu gampang-gampang susah. Banyak hal yang harus kamu perhatikan agar jeansmu tetap awet atau tahan lama. Salah satu caranya adalah dengan cara membaliknya saat dicuci dan dijemur. Selain itu, cara menggosok dan menyimpannya pun ada aturan tertentu.  Nah, buat kamu yang hobby pakai jeans, berikut ini beberapa tips sederahana dari Bakpia Mutiara Jogja untuk merawat jeans yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Yuk simak sama-sama.

Agar warna jeans-mu tidak cepat pudar, cobalah untuk membaliknya ketika sedang dicuci

Jika kamu ingin warna jeans-mu tetap awet, cobalah untuk membaliknya ketika sedang dicuci. Jadi, bagian bagian luarnya di dalam dan bagian dalamnya di luar. Untuk mengetahui berapa banyak suhu air  yang harus digunakan saat mencucinya, bacalah terlebih dahulu petunjuk pada bagian lebel jeans-mu. Untuk menghilangkan noda atau kotoran pada jeans, kamu bisa menggunakan air hangat untuk mencucinya. Satu hal penting yang juga harus kamu tahu agar warna jeans-mu tidak cepat pudar, yaitu jangan sekalipun kamu menggunakan deterjen pemutih untuk mencuci jeans-mu.

Cek dulu kantong jeans-mu sebelum mencucinya. Jangan sampai ada koin, kertas atau pulpen bersarang di dalamnya

Kamu pasti sering menyimpan kertas, pulpen, ataupun koin dalam kantong jeans-mu, kan?  Kamu kadang juga suka lupa kalau di kantong jeans-mu ada benda-benda tersebut, iyakan? Sebagai orang yang sering menggunakan jeans, usahakan untuk selalu mengecek kantong jeans-mu. Untuk apa? Untuk melindungi jeans-mu dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti:  tergores ujung pulpen atau tekena serpihan kertas. Mulai detik ini, cek dulu kantong jeans-mu ya.

Merendam jeans dengan air cuka membantu mengembalikan warna seperti saat kamu pertama kali membelinya

Setelah berbulan-bulan kamu pakai, kamu cuci, kamu laundry, pasti warna jeansmu menjadi memudar tidak seperti saat pertama kali kamu membelinya. Pada akhirnya, kamu malah malas untuk memakainya atau malah bahkan disumbangkan ke orang. Kamu tak perlu khawatir lagi, ada cara sederhana untuk mengembalikan warna jeans seperti saat pertama kali kamu membelinya, yaitu dengan merendamnya dengan air cuka. Jadi, campurkan cuka ke dalam air yang akan kamu pakai untuk merendam, lalu masukan jeans ke dalamnya, diamkan beberapa saat. Satu hal yang harus kamu ingat, lakukanlah hal tersebut sebelum kamu mencucinya.

Agar warna tidak cepat pudar, hindari sorotan matahari langsung saat menjemur

Saat menjemur, usahakan jeans-mu jangan sampai terpapar sinar matahari langsung. Jeans yang terpapar sinar matahari langsung saat dijemur berdampak pada warna yang akan cepat memudar. Balik jeansmu sama seperti saat kamu mencucinya. Gantung menggunakan hanger agar jeans tidak lecek.

Tidak ingin jeans-mu berjamur, kan? Setrikalah jeans dalam keadaan lembab dan jangan lupa membaliknya

Diantara kalian mungkin masih ada yang belum tahu, bahwa salah satu penyebab jeans berjamur itu disebabkan cara menyetrika yang salah. Saat kamu menyetrikanya, setrikalah jeans dalam keadaan lembab dan jangan lupa membaliknya. Menyetrika dalam keadaan jeans sudah kering atau kamu lupa membalik jeans-mu saat menyetrika menjadi salah satu penyebab jeansmu berjamur. Jeans yang berjamur mudah sekali rusak. Jadi sebaisa mungkin rawatlah jeans-mu baik-baik. Tidak ingin jeans-mu berjamur, kan? Coba aplikasikan saja cara ini, pasti berhasil.

Jangan menyimpan jeans sembarangan jika kamu tak ingin jeans kesayanganmu cepet rusak

Bukan hanya memerhatikan cara mencuci, menjemur, dan menyetrika saja agar keindahan jeans-mu tetap terjaga, kamu juga harus memerhatikan cara menyeimpannya. Cara menyimpan jeans yang baik dan benar adalah dengan cara menggantungnya menggunakan hanger. Hal tersebut dimaksudkan untuk melindungi jeans agar tidak lecek dan rusak. Dengan menggantungnya, jeans kesayanganmu juga akan tetap rapih dan sedap dipandang mata ketika kamu memakainya.

Jeansmu terkena noda? Coba gunakan es batu dan alkohol untuk membersihkannya

Kamu pasti kesel mengetahui jeans kesayangmu terkena noda, misalnya noda permen karet, noda tinta, noda getah, dan noda-noda lainnya. Kamu jadi uring-uringan dan marah-marah tak jelas. Tenang, kamu tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan es batu atau alkohol untuk membersihkannya. Untuk membersihkan noda permen karet, kamu bisa menggunkan es batu. Caranya, taruh es batu di area jeans yang tekena permen karet, diamkan sampai permen karet membeku, setelah membeku kamu bisa langsung mencuci jeans-mu. Sementara untuk noda tinta dan getah, kamu bisa menggunakan alkohol. Caranya, oleskan alkohol ke jeans yang terkena noda, diamkan sekiar 5 menit, gosok-gosok dengan ibu jari, lalu cuci dengan sabun. Dijamin noda-noda yang menempel di jeansmu langsung hilang.

Ingin memberi efek unik pada jeans-mu secara alamai? Coba pakai cara konyol seperti di bawah ini

Jika kamu sudah bosan dengan jeansmu, kamu bisa lho memberi efek unik yang bisa kamu buat sendiri. Caranya gampang banget, bahkan bisa dibilang sangat konyol. Buat kamu yang ingin memberi efek raw denim atau dry denim, jangan cuci jeans-mu selama 6 bulan. Sementara buat kamu yang ingin memberi efek fading, taruhlah koin atau benda unik lainnya di kantong jeans-mu selama berbulan-bulan dan ingat selama berbulan-bulan itu juga jangan jeans-mu jangan dulu dicuci.

Buat kamu para pecinta celana jeans, jangan pernah malas untuk menjaga ataupun merawatnya. Barang-barang yang kamu pakai juga butuh perhatian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya…

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *