7 Bangunan Modern di Asia Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi - Bakpia Mutiara Jogja

7 Bangunan Modern di Asia Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

Bagi kebanyakan orang, Asia Tenggara identik dengan kuil-kuil kuno dan monumen bersejarah. Tetapi kawasan ini juga menjadi tempat bagi beberapa bangunan paling modern dan unik di dunia. Nah, di bawah ini Bakpia Mutiara Jogja rangkum tujuh bangunan keren di Asia Tenggara yang patut kamu kunjungi.

Green School, Bali, Indonesia

Seperti namanya, tidak mengherankan bahwa bangunan keren ini dikelilingi oleh tanaman hijau. Green School sendiri merupakan sekolah ramah lingkungan yaang dibangun menggunakan sumber daya alam, seperti bambu, rumput, dan memiliki dinding lumpur tradisional. Menggunakan energi terbarukan dari sistem tenaga mikro-hidro dan panel surya.

Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand

Bandara Suvarnabhumi dirancang oleh Helmut Jahn, seorang arsitek Amerika-Jerman. Bandara ini memiliki menara kontrol bandara tertinggi di dunia dan memiliki terminal besar yang dibangun dari baja dan kaca. Sengaja dirancang untuk iklim tropis Thailand.

Museum ArtScience, Singapura

Singapore ArtScience Museum adalah bangunan kontemporer yang terletak di dalam resor terpadu Marina Bay Sands. Dirancang oleh arsitek Moshe Safdie, museum ini sering disebut sebagai “The Welcoming Hand of Singapore”, karena memiliki 10 ekstensi atau “jari”, yang masing-masing berisi filter yang menangkap cahaya alami yang digunakan untuk menerangi museum. Bentuknya juga mengingatkan pada bunga teratai.

Menara Hei, Hanoi, Vietnam

Dirancang oleh CMV Architects, Hei Tower adalah gedung pencakar langit yang terdiri dari kantor dan area komersial besar. Bangunan ini memiliki desain yang ramping dan modern. Menara ini juga menawarkan taman besar dengan tanaman hijau di sekitarnya.

Henderson Waves, Southern Ridges Walk, Singapura

Terbuat dari kombinasi baja dan bilah kayu Balau, sejenis kayu asli di Asia Tenggara, Henderson Waves adalah jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Bentuknya meniru gelombang dan memiliki panjang 274 meter. Jembatan ini adalah tempat yang populer untuk keluarga dan jogging, dan pada malam hari diterangi oleh berbagai lampu LED.

CT Hub, Singapura

Sebuah bangunan industri, CT Hub Singapura dirancang untuk mewakili sebuah permata karena fasadnya berisi pola geometrik kompleks yang dibentuk menggunakan LED digital. Bangunan ini memiliki taman terbuka, yang dibangun untuk melengkapi tampilan bangunan yang unik.

Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia

Menara Kembar Petronas dirancang oleh arsitek Argentina Cesar Pelli. Ini adalah menara kembar tertinggi di dunia dengan ketinggian hampir 500 meter. Dengan jumlah lantai 88, menara-menara ini terbilang unik karena memiliki jembatan langit dan menara-menara tinggi yang dapat melihat seluruh Kuala Lumpur.