5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Berwisata ke Lombok Tahun Ini - Bakpia Mutiara Jogja

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Berwisata ke Lombok Tahun Ini

Jika kamu mencari lokasi untuk pelarian yang santai dengan satu atau dua petualangan, akan sulit untuk meniadakan Lombok dan Kepulauan Gili dari daftar tujuan wisata. Kamu dapat memilih untuk bersantai di pantai pasir putih yang menawan, menyelam di terumbu karang terpencil atau mendaki untuk melihat pemandangan yang indah.
 
Setelah sempat hancur karena gempa bumi pada tahun 2018, destinasi-destinasi ini kembali berjaya dan sangat cocok untuk kamu jadikan tujuan wisata di Lombok.
 

1. Mendaki Taman Nasional Gunung Rinjani

 
Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok tidak terkalahkan untuk pemandangan spektakuler dan jalur yang menantang. Sebagian besar jalur pendakian di Mt. Rinjani rusak dalam gempa bumi 2018, dan kini telah dibuka kembali. Terletak di desa Aik Berik, jalan setapak ini kurang dikenal di antara jalur gunung yang lebih populer, tetapi menawarkan pengalaman serupa bagi para pelancong petualang yang mencari pemandangan luar biasa.
 

2. Mendaki di sekitar Kepulauan Gili

 
Untuk istirahat santai dari kehidupan sehari-hari, pertimbangkan berkeliling pulau di sekitar Kepulauan Gili yang menakjubkan. Pulau-pulau ini terkenal dengan kapal selam scuba. Situs penyelaman Shark Point menawarkan kesempatan untuk menyelam dengan hiu dan pari manta, sementara Deep Turbo menawarkan gua bawah laut untuk penyelam berpengalaman. Kamu bahkan bisa melihat satu atau dua hiu paus.
 

3. Melihat kelelawar di Bangkang

 
Perjalanan ke Goa Bangkang akan membuatmu takjub dengan stalaktit dan semburan sinar matahari melalui langit-langit gua. Terselip di bawah tanah di Lombok. Turun tangga ke Bangkang, kamu akan dikejutkan oleh suara dan bau ribuan kelelawar. Jika kamu tinggal di daerah itu sampai matahari terbenam, kamu dapat menyaksikan kelelawar keluar dari gua, menutupi langit ketika mereka mulai berburu makanan malam.
 

4. Berenang dengan penyu

Jika kamu penggemar penyu, pastikan untuk memeriksa inisiatif konservasi penyu di Kepulauan Gili.  Penyu hijau, yang diklasifikasikan sebagai terancam punah, dirawat dengan baik di Gili Meno, terima kasih kepada Bolong, lelaki setempat yang mendirikan Suaka Penyu Gili Meno. Suaka menyimpan telur penyu dari pemangsa untuk membantu melepaskan tukik ke laut.
 

5. Nikmati pemandangan epik dari Gili Trawangan

 
Hanya ada satu titik pengamatan di Kepulauan Gili, di bagian atas Gili Trawangan. Berangkatlah pada saat matahari terbit, dan kamu akan memulai hari libur dengan benar. Di puncak adalah tempat pemakaman suci, ditambah sisa-sisa bunker Jepang Perang Dunia II untuk diselidiki, meskipun pemandangannya adalah sorotan nyata. Beristirahat di atas, kamu dapat melihat ke seberang lautan ke Mt. Rinjani dan menangkap pemandangan panorama Kepulauan Gili lainnya, plus Lombok dan Bali.