5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah ikon monumen setinggi 21 lantai yang menggambarkan dewa Hindu Wisnu yang menunggangi burung Garuda. Bertempat di Taman Budaya GWK di Kabupaten Badung, Bali, landmark ini telah mengalami peningkatan popularitas setelah Presiden Joko Widodo meresmikannya pada bulan September lalu. Meskipun monumen ini adalah sorotan taman, ada atraksi lain yang dapat dinikmati pengunjung di area tersebut. Nah, buat kamu yang ingin ke GWK, di bawah ini adalah enam hal yang harus kamu lakukan.
 

1. Menonton pertunjukan tradisional dan film

 
Manajemen Taman Budaya GWK menyediakan tujuh pertunjukan tari setiap hari untuk pengunjung. Tarian yang ditampilkan adalah Bali, Keris Barong, Nusantara, Garuda Wisnu Ballet dan Kecak Garuda Wisnu, dengan pertunjukan pertama dijadwalkan pukul 10 pagi dan yang terakhir pukul 6:30 malam. Pengunjung juga dapat menonton film di Bioskop Garuda. Bioskop dibuka setiap hari pada pukul 11 ​​pagi, menampilkan film animasi 35 menit berjudul Garuda Cilik Adventure. Film ini dikabarkan memenangkan kategori film pendek animasi terbaik di Festival Film Indonesia 2015. Pengunjung dapat menonton acara-acara ini secara gratis.
 

2. Berkeliling dengan GWK Loop

 
Karena luasnya 60 hektar, berkeliling Taman Budaya GWK dapat melelahkan, terutama di bawah terik matahari Bali. Untuk menangani masalah ini, manajemen taman menyediakan layanan antar-jemput bernama GWK Loop. Bus akan membawa pengunjung mengelilingi patung-patung besar yang terletak di tengah taman. Mereka juga memiliki jendela besar, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan taman. Bus GWK Loop diparkir di dekat loket penjualan tiket. Satu tiketnya dihargai Rp 20.000.
 

3. Riwayat pembelajaran

 
Pengunjung mungkin memperhatikan informasi historis di dinding bangunan di Taman Budaya GWK. Amphitheatre, misalnya, memiliki relief yang menggambarkan cerita Garuda Wisnu di depannya. The Lotus Pond juga memiliki patung-patung besar dengan deskripsi terukir. Tidak hanya itu, begitu memasuki areal parkir, pengunjung akan disambut oleh mata air Parahyangan Somaka Giri. Seorang penjaga kuil bernama Semmi menjelaskan sejarah musim semi bagi para pengunjung.
 

4. Jadwal kegiatan harian

 
Setiap hari Senin mulai jam 7 malam area Plaza Kencana hidup dengan berbagai kegiatan. Pengunjung dapat menikmati makanan dari truk makanan disertai dengan live music dan tarian api, Pertunjukan lain termasuk tarian salsa di Reato Jendela Bali pada hari Jumat pukul 7 malam, musik akustik di Teater Jalanan, Sabtu pukul 3 sore. dan perayaan bulan purnama di Plaza Wisnu pada jam 4 sore setiap bulan. Pengunjung juga dapat bergabung dengan kelas yoga setiap hari Sabtu jam 6 pagi.
 

5. Berburu spot foto Instagramable

 
GWK memiliki banyak tempat yang indah. Salah satunya adalah tebing batu yang terletak di area Lotus Pond dengan patung-patung tinggi yang menarik sebagai latar belakang. Turtle Plaza juga memiliki pepohonan dan kolam yang bagus untuk berfoto. Taman Indraloka juga merupakan tempat yang bagus untuk berfoto karena pengunjung dapat memesan dan makan makanan sambil berfoto.
 
Gimana? Tertarik mengujungi Garuda Wisnu Kencana (GWK)? Jangan lupa untuk selalu membawa Bakpia Mutiara ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *