5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kendaraanmu Terjebak Lautan Demonstrasi - Bakpia Mutiara Jogja

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kendaraanmu Terjebak Lautan Demonstrasi

Banyak protes massa terjadi di sekitar kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang diikuti oleh mahasiswa dan Siswa Sekolah Menengah Atas untuk menolak revisi RUU Draft yang bermasalah. Kondisi ini hampir pasti akan menyebabkan kemacetan parah di jalan-jalan Jakarta yang menuju ke daerah inti dari lokasi demo. Berikut adalah 5 tips tentang bagaimana menghadapi situasi di mana kamu terjebak dalam kendaraan di tengah demo besar-besaran.
 

Jaga emosi agat tetap terkendali

 
Mengemudi kendaraan di tengah-tengah demonstrasi kemungkinan akan membuat kamu frustrasi. Namun, selalu ingatkan dirimu untuk tetap mengendalikan emosi dan tidak tegang saat mengoperasikan kendaraan selama situasi itu.
 

Pantau terus pembaruan berita

 
Sebelum melakukan perjalanan, selalu luangkan waktu untuk memantau situasi dari sumber online dari rute yang akan kamu ambil. Situs web yang dapat dipercaya akan memberitahumu tentang elemen-elemen yang mungkin menghambat perjalanan.
 

Gunakan peta digital

 
Aplikasi seluler peta digital selalu dapat diandalkan dalam menjelajah perjalanan karena memberi tahu kamu tentang situasi tertentu secara real-time. Selalu berimprovisasi dengan tidak menempel pada jalan utama dan coba ke rute alternatif.
 

Bawalah camilan dan minuman penting

 
Membawa kudapan ringan dan pasokan air yang cukup dapat sangat membantumu menjalani kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh demonstrasi.
 

Jangan pernah panik

 
Jika kamu memilih rute yang salah dan mendapati diri memasuki jalan yang penuh dengan pengunjuk rasa, tutup jendela mobil rapat-rapat dan pastikan kamu sudah mengunci semua pintu mobil. Tempatkan barang-barang berharga di kompartemen bagasi atau tempat-tempat yang tidak terlihat dari luar.
 
Jangan pernah terpicu dalam situasi seperti ini dan bagikan lokasimu kepada anggota keluarga sehingga kamu dapat diawasi oleh mereka jika terjadi hal terburuk. Jangan menunjukkan wajah tegang atau kecerobohan untuk menghindari tindakan kriminal.