4 Wisata Komplit yang Harus Kamu Kunjungi Saat ke Maluku - Bakpia Mutiara Jogja

4 Wisata Komplit yang Harus Kamu Kunjungi Saat ke Maluku

Dikenal sebagai Kepulauan Rempah-rempah, Maluku adalah bagian yang sering terlupakan dari wisata Indonesia. Padahal, pulau ini diberkahi dengan hamparan pasir putih yang damai, desa-desa yang indah dan sejarah yang menarik. Permata tersembunyi Indonesia ini memiliki kehidupan laut yang menyaingi Raja Ampat yang terkenal di dunia. Temukan destinasi wisata di Maluku sebelum terlanjur ramai. Bulan November hingga Maret adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Maluku. So, inilah beberapa tempat wisata di Maluku yang harus kamu sambangi dari Bakpia Mutiara.

Berjalan-jalanlah di sepanjang pantai berpasir putih yang sangat indah

Pantai-pantai yang terselip di Maluku dan perairan pirus membentang sejauh mata memandang, mengingatkan betapa terpencilnya pulau-pulau ini. Pantai Ohoidertawun Kepulauan Kei adalah salah satu pantai terbaik, menawarkan surga tropis yang sepi dan damai. Pastikan untuk menjelajahi gua-gua Kepulauan Kei, ukiran batu, dan lukisan gua kuno akan segera menyambutmu. Untuk pemandangan laut yang luas, pantai Sangliat Dol di Pulau Yamdena – pulau terbesar di Kepulauan Tanimbar – juga layak dikunjungi. Tangga batu tua dari pantai berbentuk perahu kuno, menawarkan pemandangan laut yang memukau. Terletak di antara Timor dan Papua, Yamdena berbeda dari sebagian besar Indonesia, berkat tangga kuno lainnya di desa Sangliat Dol dan kapal megalitik.

Snorkeling dengan pari manta di perairan sejernih kristal

Hampir semua orang menyukai pari manta, dan Indonesia adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat raksasa lautan ini. Mereka akan membuatmu terpana dengan akrobat bawah laut. Teluk Manta di Pulau Halmahera tidak memiliki banyak karang atau ikan, tetapi ada banyak pari manta di situs snorkeling ini. Kedalaman di Teluk Manta hanya 10 meter dan airnya sangat jernih, membuatnya mudah untuk menemukan manta saat kamu mengapung di atas air hangat. Jika kamu menjelajahi terumbu karang Halmahera, hutan bakau, dan laguna, kamu akan menemukan sederetan ikan karang berwarna-warni, ditambah penyu laut dan hiu karang yang tidak berbahaya.

Nikmati penyelaman kelas dunia

Untuk pengalaman yang lebih mendalam di Pulau Halmahera, cobalah scuba diving. Pulau terbesar di Maluku ini memiliki situs menyelam yang menawarkan sensasi melayang, menyelam di dinding, taman karang yang cantik, penyelaman karam Perang Dunia II dan formasi vulkanik bawah laut. Kamu bisa mencari kehidupan laut kecil di tepian, atau berenang melalui formasi batuan alami bermandikan sinar matahari dari atas.

Permata penyelaman Segitiga Karang ini memiliki lebih dari 600 spesies ikan dan sekitar 450 spesies karang untuk dijelajahi, ditambah banyak kuda laut, udang, dan makhluk kecil lainnya di terumbu karang. Sementara itu, hiu martil dan hiu karang Selat Halmahera tidak boleh dilewatkan oleh penggemar kehidupan laut yang lebih besar. Singkatnya, menyelam di Halmahera sama spektakulernya dengan Raja Ampat yang terkenal tetapi dengan lebih sedikit orang yang menyelam.

Jelajahi hutan hujan lebat dan bertemu burung nuri yang terancam punah

Setelah puas menyelam di Halmahera, kenakan sepatu hiking dan larilah ke bukit. Ada berbagai jalur Halmahera yang menawarkan pendakian gunung berapi dan hutan hujan, ditambah rawa-rawa bakau dan hutan kelapa. Untuk beberapa pendakian terbaik di Kepulauan Maluku, lakukan perjalanan ke Taman Nasional Manusela di Pulau Seram, yang khususnya akan menarik perhatian para pengamat burung karena kakatua Maluku yang langka dan burung kakatua langka lainnya dapat terlihat di sana. Ada juga sekitar 2000 spesies kupu-kupu, lebih dari 100 spesies burung lain dan desa-desa tradisional untuk dikunjungi. Namun, kamu mungkin memerlukan panduan dan izin untuk mengakses taman khusus ini, yang dapat diperoleh dari kantor pariwisata di ibukota Seram, Masohi.

Jadi, sudah siap menjelajahi Kepulauan Maluku?