4 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencegah Indonesia Darurat Sampah - Bakpia Mutiara Jogja

4 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencegah Indonesia Darurat Sampah

Tagar Hari Kesadaran Sampah Nasional yang dinyatakan setiap 21 Februari menjadi trending di Twitter. Apalagi seperti kita tahu bahwa Indonesia masuk dalam kategori darurat sampah, terutama sampah plastik. Diperkirakan 4,28 hingga 12,7 juta ton sampah plastik masuk ke lautan. Pada 2015, Indonesia menghasilkan 3,2 juta ton sampah plastik, dan 1,29 juta ton di antaranya berakhir di lautan.
 
Untuk memperingati Hari Kesadaran Sampah Nasional, Bakpia Mutiara Jogja merangkum empat tips untuk mengurangi sampah plastik yang bisa kamu lakukan dari sekarang.
 

1. Gunakan sedotan stainless

Divers Clean Action mencatat bahwa penggunaan sedotan plastik di nusantara mencapai 93,2 juta item sehari. Itu artinya, jika jutaan barang itu dirangkai, jaraknya hampir sama dengan perjalanan bolak-balik Jakarta-Papua. Gunakan sedotan yang bisa digunakan kembali, seperti yang terbuat dari stainless untuk menyelamatkan lautan.
 

2. Lakukan daur ulang

Banyak paket plastik, seperti botol mineral atau kantong plastik, dapat didaur ulang daripada dibuang ke tempat sampah. Pisahkan sampah plastik untuk didaur ulang dan kirimkan ke bank sampah terdekat.
 

3. Bawalah botol kamu sendiri

Botol plastik adalah salah satu kontributor terbesar untuk limbah plastik. Cobalah untuk membawa botolmu sendiri untuk mengurangi polusi dan sampah plastik.
 

4. Beli camilan dalam jumlah besar

Jika kamu sering menikmati makanan ringan, jangan membelinya dalam paket kecil. Beli dalam jumlah besar untuk menghindari paket plastik, dan kemudian kamu bisa menyimpannya dalam wadah kecil yang dapat digunakan kembali.
 
Kesadaran sampah adalah kesadaran kita bersama. Jadi, tak ada salahnya untuk menerapkan 4 tips di atas dalam kehidupanmu sehari-hari.