4 Fasilitas Publik Terbaru di Jakarta Jelang Asian Games 2018

Jalur pejalan kaki di wilayah ibukota Jakarta telah direnovasi menjelang Asian Games 2018. Revitalisasi dilakukan terutama di Senayan, Sudirman, dan beberapa titik di Jakarta Pusat, di sekitar tempat event ini dilaksanakan. Berdasarkan pengamatan beberapa media nasional, trotoar di sepanjang Jl. Asia-Afrika, dekat Gerbang Pemuda, telah diperindah dan akan masuk jalur pejalan kaki di Jl. Sudirman, berdekatan dengan patung Gelora Bung Karno.

Selain merenovasi jalur pejalan kaki, pemerintah daerah juga menyediakan beberapa fasilitas umum sebagai berikut.

1. Bangku taman

Bangku taman dipasang di sepanjang rute pejalan kaki di Jl. Sudirman. Terletak di belakang halte bus, orang yang berjalan dengan berjalan kaki dapat beristirahat dan duduk di bangku di bawah pohon.

2. Garis kuning untuk penyandang disabilitas

Jalur pejalan kaki juga ramah bagi penyandang disabilitas karena garis kuning telah dibangun dan diharapkan mampu membantu bagi penyuka olahraga dengan kterbatasan.

3. Jalur sepeda

Cara khusus untuk sepeda disediakan di trotoar Jl. Asia-Afrika, Jakarta Pusat. Jalur hijau membentang di sepanjang jalan lingkar luar Gelora Bung Karno, dekat Gerbang 10.

4. Daur ulang tempat sampah

Ini adalah fasilitas paling vital, tempat sampah. Tempat sampah yang dipasang di sepanjang jalur pejalan kaki di sekitar tempat Asian Games memiliki kotak khusus yaitu untuk sampah organik dan anorganik, serta untuk puntung rokok. Sayangnya, pengelolaan sampah tidak berjalan dengan baik mengingat banyak orang masih belum sadar memisahkan sampah dan menaruhnya di tempat sampah tertentu berdasarkan jenis sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *