3 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Sulit Diajak Kerja Sama - Bakpia Mutiara Jogja

3 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Sulit Diajak Kerja Sama

Di tempat kerja, kamu mungkin menghadapi tantangan dengan rekan kerja yang dapat memengaruhi suasana hati atau bahkan kinerjamu. Hindari prasangka terhadap tindakan mereka dan pikirkan kemungkinan bahwa rekan kerja yang sulit ini mungkin memiliki sifat yang membuatmu semangat bekerja. Berikut ini Bakpia Mutiara Jogja rangkum 3 tips yang dapat membantu mengatasi masalah terkait dengan rekan kerja yang sulit untuk diajak bekerja sama.
 

1. Lakukan Perbuatan Baik

 
Sebuah studi dalam Journal of Social Psychology yang diterbitkan pada 2010 menunjukkan bahwa melakukan perbuatan baik untuk orang lain, tidak peduli seberapa besar atau kecil, akan membuat orang itu merasa lebih baik dan bertindak sebagai penguat suasana hati. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang, secara umum, akan lebih mungkin merasa puas ketika orang tersebut mengingat kemurahan hati mereka di masa lalu.
 
Yang mengejutkan, penelitian ini menemukan bahwa orang yang paling bahagia adalah orang yang menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk orang lain dibandingkan dengan orang yang melakukan sebaliknya. Mempraktikkan perilaku positif ini dapat memecahkan kebekuan dan memperlakukan rekan kerja dengan baik.
 

2. Jadilah Pendengar yang Baik

 
Kita mungkin sering mendapati diri kita dalam posisi di mana kita akan merasa jengkel ketika orang yang tidak kita sukai memulai percakapan dengan kita, dan hal yang populer untuk dilakukan adalah mengakhiri pembicaraan sesegera mungkin. Tapi tunggu dulu, ini mungkin tidak menyelesaikan masalah yang ada untuk jangka panjang. Ganti penghindaran dengan penerimaan, dan dengarkan apa yang dikatakan rekan kerjamu dan cobalah untuk memahami poin yang ia coba sampaikan. Seperti yang dikeluarkan oleh Huffington Post, mantan negosiator sandera utama FBI Chris Voss menyarankan untuk mendengarkan dengan seksama ketika mereka berbicara dan kemudian, ulangi kembali kepada mereka apa yang kamu dengar.
 

3. Abaikan Saat Semua Orang Gagal, Terus Berbuat Baik

 
Terkadang aturan terbaik untuk diikuti ketika seseorang sedang kesulitan adalah untuk mengasumsikan niat baik. Seperti, mengambil jeda sesaat sebelum menjawab, dan bahkan bergerak maju dengan kebaikan. Hal tersebut akan memungkinkan bahwa orang lain tidak dengan sengaja berusaha memperlakukanmu dengan buruk. Mereka mungkin berada dalam suasana hati yang buruk saat ini – atau bahkan selamanya – tetapi itu tidak ada hubungannya denganmu.
 
Jadi, sudah berbuat baik kepada rekan kerja hari ini?