Wisata Waduk Gajah Mungkur

waduk gajah mungkur

Wisata Waduk Gajah Mungkur

Wisata Waduk Gajah Mungkur , merupakan sebuah waduk yang terletak sekitar 6 km di selatan Kota kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Perairan atau yang lebih dikenal dengan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Wisata Waduk Gajah Mungkur ini juga merupakan tempat rekreasi yang sangat indah. Dimana disini tersedia kapal boat untuk mengelilingi danau, dan juga sebagai tempat memancing. Selain itu dapat pula menikmati olahraga layang gantung (Gantole) dari sini. Ada juga taman rekreasi “Sendang” yang berada 6 km arah selatan Kota Wonogiri.

Saat musim kemarau, debit air di waduk akan kecil dan sebagian dari dasar waduk akan kelihatan. Dasar waduk pinggiran inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menanami tanaman semusim, seperti jagung. Bukan hanya itu di sekitaran tempat wisata Waduk Gajah Mungkur akan terlihat lapangan yang sangat luas di mana terdapat panggung terbuka untuk melakukan pertunjukan musik.

Di Wisata Waduk Gajah Mungkur ini banyak juga terdapat toko-toko cinderamata, pedagang kaki lima yang menawarkan makanan-makanan, warung makan, dan restoran yang menawarkan masakan khas Jawa Tengah seperti halnya Nasi Pecel, dan Bakso. Waduk ini juga merupakan tempat mata pencaharian penduduk lokal dimana para masyarakat sekitarnya yang bekerja sebagai nelayan. Maka tak heran apabila di sekitaran Waduk Gajah Mungkur terdapat banyak kapal-kapal milik nelayan yang tertambat.

Untuk bisa menuju waduk gajah mungkur, para wisatawan bisa menuju arak kota Wonogiri dan dari kota, wisatawan bisa menuju arah Selatan. jarak PLTA gajah Mungkur berjarak sekitar 3 KM sedang Untuk bisa menuju Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur wisatawan bisa menuju arah selatan, setelah sampai papan PLTA Waduk Gajah Mungkur wisatawan belok kearah kanan , dengan jalan menanjak dan jarak Kota Wonogiri kearah Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur sekitar 6 KM.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *