Wisata Telaga Biru Semin

telaga biru semin

Wisata Telaga Biru Semin

Wisata Telaga Biru Semin, salah satu destinasi wisata lagi nih di Jogja. Letaknya berada di ujung Utara perbatasan Kabupaten Gunung Kidul dengan Jawa Tengah atau sewkitar 25 kilometer dari pusat kota Wonosari. Tepatnya ada di Dusun Ngentak, Candirejo, Semin, Gunung Kidul.

Wisata Telaga Biru semin ini hanyalah wisata bekas tambang batu yang ada di daerah Gunung Kidul ini. Pada awalnya ini hanyalah sebuah bukit atau gunung yang sengaja dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk ditambang atau diambil batunya dan dijadikan kerajinan. Namun, seiring berjalanya waktu bukit ini lama kelamaan terbelah dan mulai hilang, entah ini merupakan eksploitasi alam atau bukan.

Dan kemudian sisa-sisa tambang batu inilah yang sekarang menjadi perbincangan para kalangan terutama anak muda sebagai tempat wisata baru di Gunung Kidul yang menarik dan indah. Lubang-lubang luas dan curam dengan dikelilingi bebatuan itu, kini telah berubah menjadi sebuah telaga yang berisi air hujan. Sehingga warga sekitar menyebutnya Telaga Biru, karena memang airnya yang berwarna kebiru-biruan.

Bukan hanya itu, namun jika diperhatikan Telaga disini nampak memiliki 3 warna yang berbeda, karena memang terdapat 3 telaga di tempat wisata ini. Tak jarang karna keindahan Telaga Biru Semin ini dibandingkan dengan Telaga warna Kalimutu yang berada di Nusa Tenggara Timur.

Seperti telaga-telaga pada umumnya, para pengunjung disini akan disuguhkan dengan pemandangan hijaunya alam disekeliling bukit. Semakin populernya Telaga Biru Semin, kini banyak orang yang sengaja datang untuk menyaksikan secara langsung keindahan warnanya serta tempat ini menjadi spot hunting foto yang sangat apik di Gunung Kidul.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *