Wisata Museum Merapi

museum merapi

Wisata Museum Merapi

Wisata Museum Merapi, berdiri dengan latar belakang gagahnya Gunung Merapi. Museum yang telah diresmikan pada tahun 2010 silam ini menjadi salah satu pilihan wisata menarik di daerah Hargobinangun, Sleman, Jogja. Bentuk bangunanya yang unik dan berlantai 2 ini berbentuk terapesium dengan salah satu sisi puncaknya mengerucut segitiga. Saat hari tengah cerah dan Gunung Merapi tidak tertutup awan, maka akan nampak begitu gagah keduanya berdiri.

Di dalam Museum ini terdapat replika sebaran awan panas dari 3 buah letusan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 1969,1994 dan 2006. saat berada disana akan terasa seluruh ruangan bergemuruh yang menjadi pandangan betapa dahsyatnya saat Gunung Merapi mulai memuntahkan isi perutnya itu. Terdapat juga display tipe letusan Gung Merapi, batuan-batuan letusan Gunung dari tahun 1969 hingga koleksi sisa benda-benda letusan pada tahun 2006 lalu hingga koleksi foto-foto Gunung Merapi dari zaman ke zaman.

Dari sekian banyak koleksi yang berada di Museum Gunung Merapi ini, ada salah satu benda yang menarik yaitu batu bom (volcano bomb). batu ini sepintas terlihat biasa saja layaknya batu-batu lain dengan bentuk yang tidak beraturan. Namun siapa yang mengira? bahwa batu ini merupakan rupa lain dari lava pijar yang bersuhu 700-1.200 derajat celcius yang terlempar ke udara dan mendingin dengan cepat sebelum sampai ke dasar bumi.

Kalau itu semua berada di lantai 1, menarik juga yang berada di lantai 2. ada setidaknya 9 tipe benda koleksi dan alat peraga disana. Mulai dari display letusan dan erupsi Gunung Merapi, loromg peraga simulasi LCD, dan masih banyak lainya. Masing-masing koleksi di Museum merapi inilah yang berhasil menaruik perhatian tiap wisatawan yang berkunjung. Jadi jangan heran apabila disini dapat melihat tsunami dan gempa bumi mini yang dahsyat tapi tidak membahayakan tentunya.

Jadi, apabila Anda sedang atau akan ke Jogja, sempatkanlah memilih Wisata Museum Merapi sebagai tempat tujuan Anda di Jogja. Anda akan melihat betapa dahsyatnya Gunung Merapi ketika tengah meletus.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *