Wisata Candi Plaosan

candi plaosan

Wisata Candi Plaosan

Wisata Candi Plaosan, Candi ini juga dikenal dengan sebutan Candi Kembar. Candi ini merupakan salah satu candi Budha yang ada di Indonesia, terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi ini terletak kira-kira 1 kilometer dari arah timur laut dari Candi Sewu dan Candi Plaosan.

Candi Ploaosan ini memiliki dua bagian yaitu Candi Plaosan Lor (Utara) dan Candi Plaosan Kidul (Selatan). Candi Plaosan Lor memiliki dua Candi utama yaitu yang di sebelah Kiri (sebelah utara) dinamakan Candi Induk Utara dengan relief-relief pada dindingnya yang menggambarkan tokoh-tokoh wanita. Dan yang sebelah Kanan (sebelah selatan) dinamakan Candi Induk Selatan dengan relief-reliefnya juga yang menggambarkan tokoh laki-laki.

Dan satu lagi yaitu Candi Plaosan Kidul (selatan). Candi Plaosan Kidul (selatan) ini terletak di sebelah selatan Candi Plaosan Lor (Utara) namun terpisahkan oleh jalan raya. Jika Candi Plaosan Lor ( Utara) kedua Candi Utamanya masih utuh berdiri kokoh, berbeda dengan Candi Plaosan Kidul (Selatan) ini Candi Utamanya kini hanya tersisa reruntuhan dan yang masih berdiri hanyalah Candi Perwara di sekitarnya.

Meskipun Candi Plaosan ini adsalah Candi Budha, tetapi Candi ini bergaya arsitektur perpaduan antara agama Hindu dan Budha. Candi ini di perkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu. Candi yang baru-baru ini ramai dikunjungi Wisatawan domestik maupun mancanegara ini memiliki daya tarik keindahanya. Selain di dalam Candi yang mana bisa melihat indah relief-reliefnya, dari luar Candi inipun keindahan bentuk Candi yang menjulang ke atas tak jarang dijadikan foto dengan Sunrise pada pagi hari dan Sunset pada sore hari.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen Sunset pada sore hari dengan hamparan sawah warga yang ada juga di sekitar Candi Plaosan ini. Ada juga yang sekedar berkumpul di depan pintu masuk candi bersama teman-teman karena cukup luas juga. Tak jarang Candi Plaosan ini juga dijadikan tempat untuk Prewedding.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *