Pesona Goa Langse Pantai Selatan

Pesona Goa Langse Pantai Selatan

Pesona Goa Langse Pantai Selatan, mungkin belum banyak orang Jogja yang mengetahui apa itu Goa Langse. Namanya aja jarang didengar apalagi kesana. Yaaahh, Goa ini termasuk wisata minat khusus di Jogja yang menyajikan beberapa keunikannya. Goa ini dikenal masyarakat dengan berbagai macam julukan, ada yang menyebutkan kalau goa ini merupakan kerajaan Jin, ada juga yang mengatakan goa ini digunakan untuk menepi, ada juga yang mengatakan untuk semedi, tapi entah apa itu, yang jelas ini merupakan salah satu Goa yang memiliki dan menyajikan beberapa keindahan khusus, dibanding goa-goa lain yang ada di jogja.

Goa Langse ini terletak di Timur Parangtritis, tepatnya di Tebing sebelah timur Pantai Parangtritis. Nah, di sisi selatan tebing itulah Goa Langse berada. Sekitar 30km dari kota jogja dengan perjalanan sekitar 45 menit (kecepatan penuh). Sampai di Parangtritis terus saja ke sebelah paling timur sampai naik sedikit, disana ada tanda untuk ke Goa Langse belok ke kanan, dari sana mulai jalan menanjak tajam ke atas. Goa Langse ini merupakan kawasan tanah kas Desa Girirejo, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Dengan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 per orang danparkir sebesar Rp 2.000 per motor kita sudah dapat memasuki kawasan Goa Langse ini. Dengan berjalan kaki sekitar 5 menit kita akan sampai di bibir tebing pantai selatan. Angin yang bertiup disana sangat kencang dari samudra hindia dan akan membuat jantung ini berdetak lebih cepat.

Suasana pantai, panorama laut selatan dan sunset di sore hari akan menambah keindahan pemandangan di sekitar Goa Langse yang amat luas ini.  Goa Langse ini merupakan tempat ziarah atau wisata rohani yang dibuka untuk umum sejak tahun 1948. Goa Langse ini dikenal sebagai tempat bermeditasi banyak orang dari berbagai kalangan, setiap hari, selalupasti ada orang yang mendatangi tempat ini, dengan maksud memanjatkan doa agar memperoleh keberhasilan ataupun kesejahteraan dalam hidupnya. Pada saat tertentu seperti pada malam Selasa dan malam Jumat Kliwon, pengunjung Goa Langse akan lebih banyak dari biasanya. Tapi kini Goa Langse bukan hanya untuk bermeditasi saja, banyak orang yang datang ke Goa Langse ini untuk menikmati panorama alam ataupun sekedar hanya untuk berwisata alam ketika di Jogja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *