Pecinta Kopi Wajib Tahu: Waktu Tepat Minum Kopi Saat Puasa - Bakpia Mutiara Jogja

Pecinta Kopi Wajib Tahu: Waktu Tepat Minum Kopi Saat Puasa

Pencinta kopi mungkin bingung dalam menemukan jam yang tepat untuk meminum kopi selama bulan Ramadhan di mana umat Islam wajib berpuasa di siang hari. Menemukan waktu yang tepat untuk minum kopi sangat penting karena jika meminumnya pada waktu yang salah akan memengaruhi tubuh arena kopi merangsang pelepasan asam lambung, dalam beberapa kasus juga akan menyebabkan dehidrasi selama jam-jam puasa.
 

Waktu yang tepat minum kopi

 
Ahli gizi PERSAGI Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menyarankan para peminum kopi untuk mengkonsumsi minuman favorit mereka kira-kira sekitar satu hingga dua jam sebelum memulai jam puasa. Minum kopi tepat setelah kita berbuka puasa dapat secara signifikan meningkatkan asam lambung seseorang, tetapi itu bertindak sebagai diuretik jika kita mengkonsumsinya selama sahur atau subuh, yang dengan mudah menyebabkan dehidrasi.
 
Dia juga mengingatkan bahwa perut akan lebih siap untuk menerima kopi satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Rita tidak menyarankan seseorang untuk minum kopi yang disebutkan di atas, terutama jika dikonsumsi tepat setelah makan malam karena itu pasti akan mengganggu pola tidur biologis. Kopi jangan dianggap sebagai camilan tengah malam karena akan mengganggu waktu tidur. Pilihan teraman adalah mengonsumsinya antara setelah berbuka puasa dan jeda malam.
 
Dokter menyebutkan bahwa mengonsumsi 50-200 miligram kafein tidak akan berdampak negatif pada tubuh seseorang.