Candi Borobudur Mempercantik Diri: Libur Lebaran ke Sini Yuk!

Candi Borobudur Mempercantik Diri: Libur Lebaran ke Sini Yuk!

Untuk menyambut para wisatawan saat Libur Lebaran kali ini, Candi Borobudur kian bersolek. Akses jalan menuju candi pun makin dipercantik dengan adanya ratusan topeng warna-warni. Ratusan topeng berbagai wujud tersebut sengaja dipasang sedemikian rupa untuk mempercantik tampilan Candi Borobudur di sepanjang jalan masuk atau sebelah timur candi.

PT Taman Wisata Candi Borobudur yang merupakan pihak pengelola candi, memang sengaja memilih topeng sebagai tema hiasan pada libur panjang kali ini. Bukan tanpa alasan, topeng aneka warna tersebut dianggap memiliki filosofi tersendiri bagi Candi Borobudur.

Topeng merupakan simbol dari misteri.

Seperti yang kita ketahui, Candi Borobudur merupakan candi umat Buddha terbesar di dunia dan masuk ke dalam salah satu 7 keajaiban dunia. Oleh sebab itu, di dalam candi itu sendiri masih banyak misteri yang harus diungkapkan menjadi bahan kekayaan dari sudut seni serta budaya.

Tentu saja, banyak misteri yang terkandung di dalam candi dan tergambar dalam ukiran tiap reliefnya. Mulai dari sudut seni budaya, tata kelola rambut, tata berpakaian orang zaman dahulu dan sebagainya. Tak banyak yang tahu, bahwa semua itu masih belum tereksplor secara matang, sehingga bisa dikatakan masih misteri. Memang, sejauh ini ada beberapa yang sudah dieksplor. Akan tetapi masih banyak PR yang harus diungkap tentang misteri-misteri itu.

Keberadaan aksesoris topeng dan kukusan dalam area komplek Candi Borobudur mampu memperindah tampilan Candi Borobudur yang membuat wisatawan tak merasa bosan. Wisatawan juga bisa melakukan foto-foto sambil menunggu antrean naik ke candi.

Oh ya, bambu-bambu yang digunakan untuk memasang topeng dan kukusan menunjukkan suasana yanga ada di sekitar Candi Borobudur. Sebab, desa-desa di sekitar Candi Borobudur masih banyak yang mempunyai pohon bambu, dan tentu saja ini adalah ciri khas Borobudur untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018.

So, buat kamu yang libur lebarannya di Jawa Tengah, tak ada salahnya untuk mampir ke Candi Borobudur dan membawa oleh-oleh dari Bakpia Mutiara Jogja ūüôā

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


WhatsApp chat